Smoothing Rambut Sebabkan Kanker? Smoothing berbahaya untuk rambut(Foto: Pixabay/kaleido-dp)

SELALU ada solusi bagi wanita yang ingin tampil cantik. Misalnya dengan peralatan make up. Tentu saja seperti sihir, make up bisa merubah penampilan wanita menjadi lebih cantik dalam sekejap. Intinya kecantikan menjadi keharusan bagi kaum hawa.

Selain itu, untuk menambah kecantikan, tentu memiliki rambut panjang nan lurus menjadi impian setiap wanita. Karenanya memang ada istilah bahwa rambut ialah mahkota bagi wanita.

Bagi wanita berambut keriting maupun ikal pun memiliki rambut lurus dapat diwujudkan dalam sekejap. Salon memiliki solusi bernama smoothing rambut. Khasiatnya sama seperti rebonding, tapi smoothing membuat rambut lurus lebih lembut dan tidak kaku.

Perawatan smoothing biasa dikenal dengan sebutan keratin smoothing. Dalam prosesnya smoothing menggunakan beberapa produk rambut yang bisa memecah dan menyatukan kembali ikatan kimiawa pada keratin rambut kamu.

Smoothing bikin rambut rontok (Foto: Pixabay/deborahmiller56)

keratin adalah protein kunci yang menyusun struktur pada rambut dan kuku. Jadi cara kerja produk rambut yang digunakan saat smoothing nanti akan membuat rambut memiliki pola bentuk yang baru alias lurus.

Namun, ternyata smoothing memiliki bahaya tersendiri bagi kamu maupun bagi pekerja salon, demikian menurut laman Go Dok. Tentu bahaya yang paling utama akan dirasakan pada rambut kamu. Mungkin rambut kamu terlihat lurus, tapi didalamnya rambut kamu tidak sehat.

Rambut kamu akan mengalami rontok, patah-patah hingga berubah warna gara-gara smoothing. Hal ini bisa terjadi jika kamu sering melakukan smoothing. Frekuensi sering dalam hal ini ialah 2-3 kali melakukan smootihing dalam setahun meskipun kamu menggunakan vitamin rambut.

Bahaya lain pada smoothing, poduk rambut kamu untuk smoothing akan menghasilkan gas formaldehyde. Pasalnya zat seperti methylene glycol, formalin, methanal, dan methanediol terkandung pada beberapa produk rambut untuk smoothing.

Pekerja salon berisiko terkena kanker karena sering terpapar zat yang dipanaskan dari smoothing (Foto: Pexels/Delbeautybox)

Ketika setiap zat tersebut dipanaskan, akan melepaskan gas formaldehyde, atau akrab dikenal masyarakat sebagai zat formalin yang cukup berbahaya bagi kesehatan jika kamu terlalu sering terpaparnya. Gas formaldehyde juga menyebabkan iritasi kulit, iritasi akut saluran pernapasan, hingga membuat kamu alergi dengan zat ini seumur hidup.

Ingat, bahaya tadi bisa terjadi bagi kamu yang sering melakukan smoothing 2-3 kali dalam setahun. Bisa kamu bayangkan akibat seperti apa yang menimpa para pekerja salon yang mungkin saja setiap hari melayani pelanggan smoothing.

Pekerja salon akan merasakan sensasi terbakar pada hidung dan mata. Selain itu mereka bisa merasakan sakit kepala, sesak napas, dan mudah lelah. Yang lebih parahnya lagi pekerja salon yang terpapar zat ini setiap hari, bisa mengalami risiko kanker lebih tinggi.

Jadi sahabat Merah Putih masih mau smoothing? Kalau kamu tetap ingin melakukannya sebaiknya lakukan satu kali dalam setahun atau dua tahun. Tapi lebih baik kamu pikir dua kali. Karena sebenarnya kamu sudah cantik dari lahir lo! (ikh)

Baca juga: Cara Alami Meluruskan Rambut Tanpa Catokan

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH