Musik

Smashing Pumpkins Rilis Single ‘Beguiled’ dan Umumkan Proyek Album 33 Lagu

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 22 September 2022
Smashing Pumpkins Rilis Single ‘Beguiled’ dan Umumkan Proyek Album 33 Lagu
Single Beguiled mengawali proyek album ambisius Smashing Pumpkins. (Foto: Instagram/smashingpumpkins)

BAND alternatif AS Smashing Pumpkins baru saja mengumumkan album baru yang akan terbagi menjadi tiga bagian bertajuk ATUM. Bersamaan dengan pengumuman tersebut, band legendaris ini juga merilis single baru berjudul Beguiled.

Proyek album ambisius yang akan berisi total 33 lagu rock opera itu, merupakan sekuel dari lagu rekaman ganda band ini yang berjudul Mellon Collie And The Infinite Sadness (1995) dan Machina/The Machines Of God (2000).

Billie Corgan (vokalis) mengatakan lagu tersebut muncul dari sekitar 80 ide yang akhirnya berubah menjadi sekelompok demo yang berbeda, berisi riff, chord, dan sedikit melodi vokal.

"Dan kemudian mendengarkan kembali dan berkata, 'Oke, ini adalah yang akan dikerjakan dan tampaknya cocok disatukan'," ujar Corgan seperti dilansir NME, Selasa (20/9).

Baca juga:

Red Hot Chili Peppers Dedikasikan Penghargaan MTV VMA untuk Mendiang Taylor Hawkins

“Saya suka lagunya. kami telah berlatih dalam rehearsal karena kami akan melakukan pertunjukan dalam beberapa hari (mandatang). Keren. Sangat menyenangkan mendengarnya dibandingkan dengan semua lagu sebelumnya,” lanjut Corgan.

Dia melanjutkan ketika berencana untuk melakukan album tiga bagian berisi 33 lagu rock di 2022, mereka merasa harus melakukannya. Karena saat ini banyak orang yang percaya less is more. Namun Corgan beranggapan lain, more is more. Smashing Pumpkins akan membuktikannya lewat album tiga bagian ini.

Baca juga:

Gorillaz Rilis Single 'New Gold' dan Umumkan Album 'Cracker Island'

Sementara Beguiled terasa seperti sebuah pernyataan yang berani untuk mengawali album ini. Corgan mengakui bahwa ada sekitar tujuh lagu lain yang berpotensi untuk menjadi pembuka proyek album ATUM yang ambisius tersebut.

Corgan pertama kali mengungkapkan rencananya untuk melanjutkan Mellon Collie And The Infinite Sadness dan Machina/The Machines Of God sebelum mereka membentuk album CYR. “Sebenarnya saya ingin melakukannya sekitar empat tahun lalu, tetapi tidak ada banyak energi di band untuk itu,” ungkap Corgan.

Perasaan untuk mencoba menciptakan sebuah konsep untuk memecahkan rekor tidak terpikirkan oleh mereka sejak awal mengerjakan proyek ini, banyak yang harus dilakukan di awal proses pembuatan proyek ini. Tetapi ketika COVID-19 melanda dan Corgan mendapati dirinya tidak memiliki kegiatan apapun, ia berpikir bahwa itu adalah kesempatan yang tepat untuk mulai mewujudkan proyek ini. (kna)

Baca juga:

Lana Del Rey Jadi Mata Kuliah di New York University

#Musik
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan