Ponsel Lambat? Ini Penyebabnya Meskipun canggih, smartphone juga bisa menjadi lambat kinerjanya (Foto: pixabay)

Berbeda dari saat pertama Anda membelinya, ponsel yang Anda gunakan kini mungkin sering kali melambat (lagging). Seiring pemakaian yang semakin sering, performa ponsel menurun. Usia ponsel dan banyaknya aplikasi yang Anda instal bisa menjadi penyebab ponsel melambat. Selain kedua faktor tersebut, ada beberapa sebab lain yang membuat ponsel Anda menjadi lambat, seperti berikut ini.

1. Menggunakan banyak antivirus

Anda cukup menggunakan 1 antivirus pada smartphone agar terlindungi dari virus yang bisa menginfeksi (Foto: androidcentral)

Tentu, Anda ingin melindungi ponsel Anda dari virus yang bisa menginfeksi. Dengan demikian, Anda mungkin menginstal beberapa antivirus. Alih-alih menghilangkan virus, justru hal ini bisa menyebabkan ponsel Anda menjadi lambat. Antivirus akan selalu memantau aktivitas Anda pada ponsel, sehingga cukup menguras kinerjanya. Karena itu, tak perlu menginstal beberapa pelindung, satu antivirus saja sudah cukup untuk melindungi ponsel dari virus.

2. Banyaknya file cache

Anda harus rajin membersihkan file cache agar kinerja smartphone bisa cepat (Foto: androidpit)

Jika HP Anda menjadi lambat, terlalu banyak cache yang menumpuk juga bisa menjadi faktornya. Secara singkat, file cache merupakan rekam jejak pengguna pada sebuah program di ponsel. Banyaknya file cache di sejumlah aplikasi yang Anda gunakan akan berpengaruh pada kecepatan ponsel Anda. Solusinya, Anda harus selalu rajin menghapus cache. Pada Android, Anda dapat melakukannya melalui menu settings, lalu menuju ke application manager. Pilih aplikasi yang sering Anda gunakan, klik pada bagian storage, lalu clear cache.

3. Memori internal habis

Anda harus selalu menjaga sisa kapasitas memori internal agar kinerja smartphone tidak menjadi lambat (Foto: android.stackexchange)

Ponsel memang dilengkapi memori internal untuk menyimpan data-data. Namun, tidak seharusnya Anda menggunakan seluruh memori untuk menyimpan banyak data. Agar berjalan lancar, ponsel juga membutuhkan sedikit ruang pada memori internal. Aplikasi pada ponsel akan selalu di-update, yang tentu membutuhkan memori internal. Jika penuh, maka Anda akan melewatkan berbagai update, dan ponsel Anda pun menjadi lambat. Sebaknya Anda memiliki memori eksternal agar bisa menyimpan aplikasi maupun data di luar memori internal seperti foto, video, dan lagu.

4. Tumpukan aplikasi pada background

Banyaknya tumpukan aplikasi pada background samartphone juga bisa membuat HP Anda menjadi lambat (Foto: phandroid)

Salah satu kemampuan canggih smartphone adalah multitasking. Anda bisa menjalankan banyak aplikasi pada ponsel secara bersamaan. Lebih lanjut, Anda sering lupa untuk menutup aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan, sehingga banyak aplikasi yang menumpuk pada background. Tutup aplikasi yang masih aktif pada latar ponsel untuk mengatasi hal ini. Anda juga bisa menutup aplikasi tersebut dengan force stop pada application manager dalam menu settings.

5. Pemakaian memori eksternal

Perhatikan MicroSD yang Anda beli, gunakan micro class 10

(Foto: emtec-international)

Jangan gunakan MicroSD dibawah class 10

seperti class 4 (Foto: emtec-international)

Penyebab yang satu ini pasti jarang diketahui orang pada umumnya. Meskipun berfungsi untuk menyimpan data di luar memori internal, memori eksternal juga bisa menyebabkan HP menjadi lambat. Anda harus memperhatikan kategori class pada memori eksternal (MicroSD). Pada MicroSD, Anda akan melihat tulisan "Class 10" atau angka "10". Jika di bawah "class 10", RAM pada ponsel akan sulit membaca memori tersebut, sehingga membuat ponsel menjadi lambat.


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

YOU MAY ALSO LIKE