Smartphone 5G Pertama dari Google Sayangnya belum ada kabar lebih lanjut dari Google. (Foto: The Verge)

SETELAH sukses dengan seri Pixel 3, Google resmi mengumumkan tiga generasi Pixel berikutnya. Untuk pertama kalinya, Google meluncurkan ponsel yang mendukung jaringan internet generasi kelima (5G), yakni Pixel 4a 5G dan Pixel 5 di musim gugur 2020. Google juga merilis seri Pixel 4a non-5G dengan harga yang lebih rendah.

Baca juga:

CFO Apple: iPhone 12 Batal Rilis September 2020

Ketiga ponsel terbaru Google itu sudah bisa dipesan terlebih dahulu dan akan dikirim pada 20 Agustus. Mengutip Reuters, ponsel dengan jaringan 5G tersebut akan dibanderol dengan harga USD 499 atau sekitar Rp7,3 juta. Sedangkan untuk Google Pixel 4a non-5G dibanderol lebih murah, yakni USD 349 atau sekitar Rp5,1 juta.

Smartphone 5G Pertama dari Google
Dibanderol dengan harga Rp5,1 juta. (Foto: AsiaTechNova)

Google Pixel 4a non-5G akan dijual dengan harga awal USD 50 lebih rendah dibandingkan ponsel Pixel varian paling murah sebelumnya, 3a, yang kini sudah dihentikan.

Meski begitu, Google masih belum mengungkapkan lebih banyak mengenai informasi kedua seri Pixel tersebut. “Kedua ponsel milik Google itu akan meluncur beberapa bulan mendatang,” ucap Brian Rakowski, VP of product management Google.

Baca juga:

Super Cepat, Qualcomm Quick Charge 5 Isi Penuh Baterai Ponsel dalam 15 Menit

Sebelumnya, Apple telah meluncurkan iPhone SE dengan harga USD 399 atau sekitar Rp5,8 juta pada April 2020. Meksipun terlambat, kehadiran Pixel 4a tampaknya akan sedikit lebih murah dibandingkan iPhone SE.

Hal ini dilakukan Google dengan maksud untuk menjangkau konsumen yang terdampak penurunan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Smartphone 5G Pertama dari Google
Penampakan Google Pixel 4a. (Foto: The Verge)

Google mengatakan model 5G-nya akan tersedia di AS, Kanada, Inggris, Irlandia, Prancis, Jerman, Jepang, Taiwan, dan Australia. Google sendiri juga belum merilis spesifikasi serta penampakan dari varian 5G-nya.

Untuk Google Pixel 4a sendiri dibalut dengan layar OLED 2340 x 1080 berukuran 5,8 inci. Chipset yang digunakan adalah Snapdragon 730 mid-range dengan kapasitas 6GB RAM dan varian memori internal 64GB atau 128GB.

Dari segi kamera, Google Pixel 4A dilengkapi dengan kamera 12,2 MP di bagian belakang, dan 8 MP kamera selfie. Ada juga baterai berkapasitas 3.080mAh dengan kapasitas 18 Watt pengisian daya.

Saat ini untuk bagian konektivitas, Google Pixel 4A menyediakan 3.5 mm headphone jack. Tidak lupa Google juga menyematkan pembaca sidik jari yang di pasang di belakang. (and)

Baca juga:

MediaTek Luncurkan Chipset Gaming Helio G35 dan G25



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH