Finansial
SMARTGATEWAY Siap Dukung Implementasi BI-Fast Indonesia menuju ke sistem pembayaran yang lebih mudah dan efisien. (foto: Unsplash/Firmbee.com)

SISTEM keuangan Indonesia bersiap untuk sebuah ekosistem pembayaran yang lebih mudah dan efisien. Berbagai lembaga keuangan bank dan nonbank akan dihubungkan dalam sebuah infrastruktur sistem pembayara ritel yang cepat dan efisien. Bank Indonesia akan meluncurkan infrastruktur BI-Fast yang menggantikan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

BI-Fast merupakan bagian dari penerapan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 untuk menyediakan infrastruktur sistem pembayaran ritel yang lebih cepat, mudah, ekonomis, serta dapat dilakukan secara real-time, dan 24/7. Dengan adanya BI-Fast, nasabah dapat melakukan transfer daring hanya dengan informasi nomor ponsel atau alamat e-mail penerima, selain informasi nomor rekening seperti sistem yang berlaku saat ini.

BACA JUGA:

Mulai Rp 15 Ribu, Milenial Bisa Berinvestasi Reksa Dana

Infrastruktur BI-Fast diharapkan dapat menjangkau masyarakat seluas-luasnya. BI-Fast nantinya diimplementasikan melalui pemerataan kualitas layanan transfer daring sehingga memberi manfaat yang sangat besar bagi pemerintah, masyarakat, bank, perusahaan fintech, perusahaan penyedia pembayaran digital, dan ekosistem ekonomi keuangan digital di Indonesia.

Mengingat BI-Fast akan diimplementasikan di 2021, bank sebagai peserta utama wajib mempersiapkan solusi dan infrastruktur pendukung yang dibutuhkan secepatnya. Uji coba infrastruktur BI-Fast akan dilakukan pada Oktober. Sebagai penyedia SKNBI yang merupakan critical national payment system with very high availability yang berdampak sistemik, PT Murni Solusindo Nusantara (PT Murni) siap dengan solusi untuk mendukung Bank dan lembaga keuangan non-Bank dalam implementasi BI-Fast.

PT Murni Solusindo Nusantara (PT Murni) ialah perusahaan berbasis teknologi informasi & komunikasi (ICT) besertifikasi ISO 9001:2015 yang telah dipercaya Bank Indonesia sejak 1990 sebagai penyedia berbagai sistem pembayaran nasional termasuk SKNBI. Dalam mendukung implementasi BI-Fast, PT Murni memperkenalkan SMARTGATEWAY untuk mendukung kesiapan dan kelancaran implementasi BI-Fast bagi setiap peserta, baik bank maupun lembaga keuangan nonbank.

SMARTGATEWAY
SMARTGATEWAY mendukung kelancaran implementasi BI-Fast. (foto: istimewa)

CEO PT Murni Christian Liadinata, dalam rilis yang diterima Merahputih.com (17/6), menjelaskan nantinya SMARTGATEWAY akan berperan sebagai aplikasi penghubung antara sistem Bank Indonesia dengan sistem yang dimiliki setiap peserta. Aplikasi ini dikembangkan sebagai solusi yang fleksibel dan adaptif. Dengan begitu, penggunaan SMARTGATEWAY memastikan implementasi BI-Fast yang lebih cepat, mudah, dan cost-effective mengingat aplikasi ini memerlukan modifikasi yang seminimal mungkin dari sisi peserta atau bahkan tanpa modifikasi sama sekali.

Selain itu, solusi SMARTGATEWAY juga dapat diintegrasikan dengan mudah ke sistem internal peserta sehingga akan lebih mempersingkat durasi dan proses yang dibutuhkan untuk implementasi BI-FAST.

Sebagai solution provider yang telah berpengalaman selama lebih dari 29 tahun di dunia perbankan Indonesia, PT Murni menyiapkan SMARTGATEWAY sebagai solusi yang holistik, aman, dan dapat memberi nilai tambah bagi bank. Dengan begitu, solusi ini tidak hanya memfasilitasi BI-Fast, tetapi juga sistem pembayaran digital lain.(Dwi)

Penulis : Dwi Astarini Dwi Astarini
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Gadinglyfe, Akun Instagram Panutan Warga Kawasan Kelapa Gading
Fun
3 Zodiak Tukang PHP, Apa Kamu Salah Satunya?
Fun
3 Zodiak Tukang PHP, Apa Kamu Salah Satunya?

Apa kamu pernah di-PHPin oleh mereka?

Kanye West Cetak Rekor Baru Lewat Album ‘Donda’
ShowBiz
Kanye West Cetak Rekor Baru Lewat Album ‘Donda’

Donda diambil dari nama sang ibu.

Jalan Berliku Produksi 'Captain America: The First Avenger'
ShowBiz
Jalan Berliku Produksi 'Captain America: The First Avenger'

Film ini menjadi salah satu film terpenting bagi MCU.

Pencuri Pasir di Pantai Sardinia Didenda Rp 52 Juta
Travel
Pencuri Pasir di Pantai Sardinia Didenda Rp 52 Juta

Ada yang mencoba menjual pasir itu kembali secara daring.

Fakta Menarik Film ‘The New Mutants’
Fun
Fakta Menarik Film ‘The New Mutants’

Sang sutradara membeberkan fakta menarik 'The New Mutants'.

Festival Indonesia Digelar di Prancis
Travel
Festival Indonesia Digelar di Prancis

Diharapkan dapat memulihkan industri pariwisata Indonesia.

Penjaga Terumbu Karang, Ikan Kakatua bukan untuk Disantap
Hiburan & Gaya Hidup
Penjaga Terumbu Karang, Ikan Kakatua bukan untuk Disantap

Ikan kakatua tinggal di terumbu karang dan menghabiskan waktu mereka mengunyah karang.

Manjakan Para Konsumen, JTTS Hadirkan Sejumlah Menu Baru
Fun
Manjakan Para Konsumen, JTTS Hadirkan Sejumlah Menu Baru

Journey To The South Hadirkan sejumlah menu baru dan berkolaborasi dengan dua orang chef ternama Indonesia

Berani Baru, Membawa Ruang Pamer Foto ke Realitas Virtual
Hiburan & Gaya Hidup
Berani Baru, Membawa Ruang Pamer Foto ke Realitas Virtual

Tak relevan lagi untuk melakukan hal-hal dengan cara konvensional ala sebelum pandemi.