SMA Ini Menjadi Pertama di Solo yang Terapkan Pembayaran SPP Pakai Gopay Siswa SMA Batik 1 Surakarta, Jawa Tengah, menunjukkan aplikasi Gopay untuk membayar SPP, Sabtu (22/2). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - SMA Batik 1 Surakarta, Jawa Tengah, menerapkan sistem pembayaran SPP lewat Gopay. Pemberlakukan kebijakan pembayaran SPP lewat Gopay di sekolah swasta tersebut sudah berjalan selama sebulan.

Kepala Sekolah SMA Batik 1 Surakarta Sutana mengatakan, awal mula wacana pembayaran SPP melalui sistem online aplikasi Gojek ini berawal dari keinginan adanya terobosan yang dilakukan sekolah dalam pembayaran SPP. SMA Batik langsung melakukan sosialisasi kepada orang tua siswa.

Baca Juga:

Selain GoPay, Mendikbud Nadiem Diminta Libatkan Aplikasi Lain untuk Bayar SPP

"Usulan sekolah mendapatkan respons positif dari siswa dan orang tua siswa. Sampai akhirnya kami benar-benar memberlakukan kebijakan pembayaran SPP via Gopay awal tahun ini," ujar Sutana kepada merahputih.com, Sabtu (22/2).

  SMA Batik 1 Surakarta, Jawa Tengah, menerapkan sistem pembayaran SPP lewat Gopay, Sabtu (22/2). (MP/Ismail)
SMA Batik 1 Surakarta, Jawa Tengah, menerapkan sistem pembayaran SPP lewat Gopay, Sabtu (22/2). (MP/Ismail)

Selama berjalan selama sebulan, kata dia, tidak ada problem. Siswa dan orang tua justru merasa senang karena tidak perlu lagi membawa uang kes banyak ke sekolah untuk membayar SPP.

"Sosialisasi pembayaran SPP lewat Gopay pada siswa dan orang tua akan terus kami gencarkan agar terbiasa dengan aplikasi ini.

Baca Juga:

Nadiem Akui Pembayaran SPP Lewat GoPay Bentuk Kompetisi Dompet Digital

Ia menegaskan, kebijakan pembayaran SPP lewat Gopay ini merupakan satu-satunya di Solo. Pihak sekolah dalam hal ini kerja sama dengan pihak ketiga dan dihubungkan dengan Gojek untuk bayar SPP melalui aplikasi.

"Semoga SMA Batik bisa menjadi pelopor pembayaran SPP lewat Gopay," kata dia.

Seorang siswa SMA Batik kelas XII IPA 3 Ahmad mengatakan, melakukan pembayaran melalui aplikasi Gojek. Proseanya cepat mudah.

"Adanya aplikasi membayar SPP lewat Gopay ini memudahkan siswa. Saya bisa membayar SPP dari rumah dan tinggal melaporkan pembayaran pada administrasi sekolah keesokan harinya," kata dia. (Ism)

Baca Juga:

Gojek Tegaskan Pembayaran SPP Pakai Gopay Enggak Berhubungan dengan Eks Bosnya


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH