Sleman Memperbanyak Atraksi Wisatanya Kawsan kabupaten Sleman akan menambah atraksi wisatanya. (Foto: MP/Teresa Ika)

ATRAKSI wisata di kabupaten Sleman akan diperbanyak untuk menyedot kunjungan wisatawan ke wilayah di DI Yogyakarta ini.

Kepala dinas pariwisata kabupaten Sleman Sudarningsih mengatakan pihaknya akan menyelenggarakan pertunjukan seni setiap hari di lokasi favorit wisata seperti Tebing Breksi dan Lava Bantal.

"Pentas seni seperti Hadroh, Jathilan, orkes melayu, wayangan, tari- tarian kami adakan tiap hari mulai tujuh sampai 30 Juni 2019. Untuk menghibur wisatawan yang hadir," jelas Sudarningsih di Kantor Bupati Sleman, Selasa 28 Mei 2019.

Di luar masa Lebaran pentas seni biasanya diadakan hanya saat akhir pekan. Selain itu Pemkab Sleman menggandeng masyarakat, seniman dan budayawan sekitar destinasi wisata untuk menyelenggarakan pentas seni ini.

merapi
Kawasan Merapi yang masuk dalam Kabupaten Sleman. (Foto: Instagram@wisatasleman)

Dinas Pariwisata Sleman juga bekerjasama dengan pihak ketiga menyelenggarakan Festival of Light di gardu pandang kawasan wisata Kaliurang. Acara ini berlangsung dari 29 Mei hingga 14 Juli 2019.

Di memberikan kepuasan para pelancog, Pemkab Sleman memberi pelatihan kepada ratusan pengelola Jeep di lereng Merapi. Materi pelatihan diantaranya cara berlalu lintas yang baik, prosedur penanganan bencana, serta pelayanan yang memuaskan untuk para pengunjung.

"Target kami 600 dari 800 pengelola jeep diberi pelatihan. Supaya kawasan Kaliurang ramai terus,"kata dia.

Sudarningsih menegaskan kawasan wisata Kaliurang aman untuk dikunjungi walaupun status gunung Merapi masih dalam level waspada.

Para pengemudi jeep diwajibkan mendowload aplikasi jarak aman bencana. Aplikasi ini akan memberi peringatan kepada mereka jika memasuki zona bahaya yang berada dibawah 3 KM dari puncak Gunung Merapi.

"Kalau ada apa- apa, Hape akan berbunyi sebagai warning evakuasi wisatawan ke bawah," tutupnya.

Pemkab Sleman memprediksi akan kedatangan 400 ribu wisatawan selama liburan lebaran 2019. (*)

Tulisan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah DI. Yogyakarta dan sekitarnya.

Kredit : patricia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH