SL2, Kamera Mirrorless Fullframe Leica dengan Resolusi 47 Megapixel SL2, kamera dari Leica dengan resolusi 47 Megapixel (Foto: Leica)

LEICA, perusahaan asal Jerman yang terkenal dengan produk kamera kece, selalu ditunggu-tunggu penggemarnya. Bagaimana tidak, dengan konsep dan kualitas 'terbaik' menjadi daya tarik pencinta fotografi untuk memilih Leica sebagai senjata mereka. Kabar teranyar, Leica hadir dengan dua varian kamera terbarunya. Cek review-nya dalam video di bawah ini.

Baca juga:

Membedah 4 Kamera Analog Terbaik Lintas Generasi

Pertama, Leica mengeluarkan kamera SL2 yang menjadi penerus seri SL. Kamera ini berjenis mirrorless, dimana pengoperasiannya tidak menggunakan pantulan kaca untuk menangkap gambar, tidak seperti kamera jenis DSLR.

SL2 sendiri memiliki kemampuan penangkapan gambar dengan resolusi mencapai 47MP, jauh lebih besar dari seri sebelumnya yang hanya memiliki resolusi 24MP. Kamera ini memiliki sensor Fullframe, memiliki kemampuan lowlight yang lebih baik dari sensor dibawahnya, seperti APS-C ataupun MFT.

Kamera anyar Leica ini juga memiliki kemampuan merekam video hingga resolusi 4K. Tidak ketinggalan, fitur yang diperlukan dalam dunia fotografi atau videografi, yaitu in-body stabilization juga disematkan dalam kamera ini.

Baca juga:

Begini Cara Kerja Kamera Polaroid

Dengan fitur tersebut saat fotografer mengambil gambar dengan shutter rendah akan meminimalisir gambar blur akibat getaran, hal itu juga berlaku untuk videografer agar video yang diambil lebih stabil. Kemampuan untuk menangkap cahaya pada SL2 pun terbilang luar biasa, kamera ini dapat meningkatkan kemampuan menangkap cahaya hingga ISO 50.000. Selain kameranya, Leica juga terkenal menciptakan lensa yang super 'tajam' dalam mengabadikan momen, sayangnya harga yang ditawarkan tidak bersahabat dengan dompet.

Namun, Leica memiliki cara lain untuk mengakali penggunaan lensa diluar produknya, yaitu bekerjasama dengan Panasonic dan Sigma untuk menciptakan L-Mount yang dapat dipasang ke SL2, hingga budget untuk membeli lensa dapat ditekan. Kamera ini sendiri dibaderol sekitar USD 5.995 atau sekitar Rp 83 juta. SL2 akan dirilis pada tanggal 21 November.

SL2, Kamera Mirrorless Fullframe Leica dengan Resolusi 57 Megapixel
M-P Typ 240 , seri kamera Leica yang bekerjasama dengan Rolf Sachs (Foto: Leica)

Sebelum mengeluarkan seri SL2 ini, Leica juga merilis kamera limited-edition pada seri M-P Typ 240 yang bekerjasama dengan Rolf Sachs, seorang fotografer asal Swiss. Kamera ini hanya diproduksi 79 unit di dunia dan dibaderol dengan harga USD 14.950 atau sekitar Rp 200 juta beserta lensa 35mm Summilux-M ASPH. (Jhn)

Baca juga:

Canon Buat Kamera Baru Berukuran Kecil dan Bisa Digantung



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH