Skuat Garuda Keok Lagi UAE v Indonesia. Foto: PSSI

MerahPutih.com - Timnas Indonesia tak bisa berbuat apa-apa ketika berhadapan dengan Uni Emirat Arab (UEA) pada laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022/Piala Asia 2023.

Berlaga di Al Maktoum Stadium, Dubai, Kamis (10/10) malam WIB. Hansamu Yama Pratama dan kawan-kawan kalah telak dengan skor 0-5. Ini adalah kekalahan ketiga bagi Indonesia

Baca Juga

Pelatih Vietnam Tak Peduli Catatan Tandang dan Tanggapi soal Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Gol pertama UEA dicetak Khalil Ibrahim. Itu setelah bola umpan silang yang mengarah ke gawang gagal ditangkap dengan sempurna oleh Wawan Hendrawan. Bola sempat didorong Khalil sebelum ditahan Wawan. Bola kembali terlepas sebelum diceploskan Khalil Ibrahim dan menjadi gol.

UAE v Indonesia. Foto: AFC
UAE v Indonesia. Foto: AFC

Timnas Indonesia tetap tak bisa mencetak gol di sisa babak pertama. Skor 1-0 untuk keunggulan UEA menutup 45 menit pertama.

Skuat Garuda harus kebobolan lagi pada menit ke-51. Ali Mabkhout mencongkel bola hasil umpan pendek, yang berhasil melewati halauan Wawan Hendrawan. Bola ke arah gawang coba dihadang Gavin Kwan, tapi tak berhasil.

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy memasukkan Saddil Ramdani untuk menggantikan Andik Vermansah pada menit ke-54. Sedangkan pada menit ke-59, giliran Bert van Marwijk melakukan pergantian di mana Omar Abdulrahman yang sempat dijuluki Messi Asia menggantikan Khalil Ibrahim.

Baca Juga

Kalah 0-5 dari UEA, Simon McMenemy Sebut Pemain Timnas Indonesia Ulangi Kesalahan yang Sama

Timnas Indonesia hampir kebobolan pada menit ke-61. Beruntung bola tembakan UEA kena mistar. Namun Indonesia dihukum penalti pada menit yang sama, lantaran Hansamu Yama handball. UEA mencetak gol ketiga melalui Ali Ahmed Mabkhout dari titik putih pada menit ke-63.

Sementara itu percobaan Stefano Lilipaly yang masuk menggantikan Alberto Goncalves lewat tendangan bebas tipis di atas gawang UEA pada menit ke-64.

Simon McMenemy kembali melakukan pergantian, di mana Manahati Lestusen masuk, Irfan Bachdim keluar pada menit ke-70. Indonesia kembali kebobolan pada menit ke-72.

UAE v Indonesia. Foto: AFC
UAE v Indonesia. Foto: AFC

Ali Mabkhout kembali mencetak gol setelah mengejar umpan terobosan. Ia lolos jebakan offside sebelum melewati Wawan dan menceploskan bola ke gawang kosong dari sisi samping.

Timnas Indonesia hampir kebobolan pada menit ke-81. Bola sepakan Ahmed Khalil menyamping.

Baca Juga

Timnas Indonesia Kalah 0-5 dari UEA, Simon McMenemy Kembali Beralasan Pemain Tak Bugar

Indonesia tetap tak bisa mencetak gol. Justru kembali kebobolan lewat sontekan Tareq Ahmed yang memaksimalkan bola muntah pada menit ke-93. Skuat Garuda pun harus menerima kekalahan 0-5.

Hasil ini membuat Indonesia tetap tanpa poin. Skuat Garuda sebelumnya gagal mendapat poin usai menelan dua kekalahan dari Malaysia (2-3) dan Thailand (0-3). Sementara UEA mengoleksi enam poin. Tiga poin sebelumnya diperoleh UEA lewat kemenangan di kandang Malaysia.

Susunan Pemain

Uni Emirat Arab: Khalid Eisa Bilal; Mohamed Saleh Almenhali, Khalifa Mubarak Alhammadi, Ahmed Barman Alhmoudi, Walid Abbas Murad, Mohamad Omar Alattas, Ali Hassan Alblooshi (Tariq Ahmed 78'), Khalil Ibrahim Alhammadi (Omar Abdulrahman 59'), Jassim Yaqoob Albalooshi (Salman Ahmed Khalil 77'), Ali Saleh Amro, Ali Ahmed Mabkhout.

Indonesia: Wawan Hendrawan; Gavin Kwan Adsit, Yanto Basna, Hansamu Yama, Ricky Fajrin, Zulfiandi, Hanif Sjahbandi, Andik Vermansah (Saddil Ramdani 55'), Irfan Bachdim (Manahati Lestusen 70'), Dendi Santoso, Alberto Goncalves (Stefano Lilipaly 65'). (Bolaskor)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH