Skipping, Turunkan Berat Badan Skipping memberikan manfaat kesehatan lebih banyak. (Foto: Pixabay/3dman_eu)

SEMUA orang tidak asing dengan olahraga skipping. Olahraga yang hanya membutuhkan seutas tali dan tidak merogoh kocek banyak. Bisa dlakukan di manapun karena tidak membutuhkan area yang luas. Sejak kecil biasanya orangtua mengenalkan olahraga skipping agar kesehatan tulang anak terjaga dan cepat tinggi.

Meskipun olahraga ini terlihat sederhana, nyatanya mampu membakar kalori cukup banyak loh! Laman cosmopolitan mengungkap manfaat sangat banyak meliputi kesehatan fisik dan psikismu. Olahraga ini bisa dijadikan alternatif olahraga bagi kamu yang sehari-hari sibuk bekerja dan tidak ada waktu untuk pergi ke gim karena bisa dilakukan di rumah. Apa saja ya manfaatnya? Yuk intip ulasan berikut ini!

Baca Juga: Menurunkan Berat Badan ala 'Predator', Ketahui Fakta Diet Karnivora

1. Mencegah Osteoporosis

skipping
Mampu membuat kepadatan pada tulang. (Foto: Pixabay/Taokinesis)


Olahraga ini bila dilakukan secara rutin bisa menghindari kamu dari penyakit osteoporosis di mana tulang tubuh mengalami pengeroposan. Dengan adanya kegiatan yang membuat tulangmu aktif, maka kepadatan tulang akan terus terjaga. Di tambah tidak adanya penumpukkan kalori dan lemak di sekitar tulang sehingga tubuh dengan lancar membentuk jaringan-jaringan baru untuk tulang.


2. Menurunkan Berat Badan

skipping
Membantu program penurunan berat badan. (Foto: Pixabay/TeroVesalainen)

Siapa sangka ternyata kalori dan lemak yang dibakar melalui olahraga ini hampir sama dengan olahraga kardio lainnya. Hal ini menjadikan olahraga ini biasa dilakukan oleh mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan. Terlebih kamu tidak perlu olahraga keluar sembari panas-panasan. Olahraga bisa berjalan lancar dan nyaman di dalam rumah.

Baca Juga: 4 Tips Praktis Meredakan Nyeri dan Pegal saat Pergi Liburan

3. Kesehatan Mental

skipping
Dapat menghasilkan hormon endorfin. (Foto: Pixabay/GDJ)


Dilansir dari cosmopolitan.com, dengan melakukan olahraga ini sesuai jadwal, tubuhmu akan menghasilkan hormon endorfin secara rutin. Hormon ini berfungsi untuk menenangkan tubuh dan memicu perasaan bahagia pada manusia. kesehatan mental pun akan senantiasa terjaga.

4. Membentuk Otot

skipping
Membentuk otot. (Foto: Pixabay/Lukaszdylka)

Tidak diragukan lagi bahwa olahraga ini mampu membentuk otot-otot tubuh. Tegangan dan peregangan yang dilakukan oleh tangan dan kaki serta tekanan tambahan yang terjadi di bagian perut memungkinkan pembentukan otot yang menyeluruh di seluruh tubuh. Kamu tidak perlu repot-repot lagi melakukan berbagai gerakan olahraga. Cukup dengan melakukan skipping, tubuh akan terbentuk secara menyeluruh. (mar)

Baca Juga: 5 Gaya Hidup Terbaik untuk Mengontrol Diabetes


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH