Kecantikan
Skincare saja tak Cukup, Kesehatan Mental Juga Pengaruhi Kulit Kesehatan mental amat memengaruhi kecantikan kulitmu. (foto: pexels-andrea-piacquadio)

PAPARAN polusi, debu, dan zat-zat kimia berbahaya pada kulit dapat menyebabkan oksidasi yang menimbulkan molekul radikal bebas sehingga kelembapan kulit terganggu. Akibatnya, kulit menjadi lebih sensitif dan lapisan penghalang kulit (skin barrier) jadi semakin lemah. Dalam kondisi seperti itu, konsumsi antioksidan yang baik amat diperlukan sehingga kulit dapat berfungsi optimal kembali.

Untuk mengurangi dampak dari paparan stres eksternal, ketahanan kulit (skin resilience) bisa menjadi jawabannya. Ketahanan kulit yang baik berarti lapisan kulit kita dapat berfungsi secara optimal dalam menangkal penyebab stres yang datang setiap harinya. Skin resilience tecermin dari kondisi kulit yang elastis dan mempunyai struktur lebih penuh dengan lapisan penghalang (barrier) kulit yang kuat.

Selain melakukan perawatan kulit dengan menggunakan bahan-bahan alami, ketahanan kulit juga harus dijaga dari dalam diri kita sendiri. Dr Alia Ahmed, seorang psychodermatologist, dalam keterangan resmi yang diterima Merahputih.com, menemukan bahwa terdapat hubungan erat antara stress, kesehatan mental, dan kondisi kulit kita. Berikut beberapa tips yang dianjurkan Ahmed untuk melindungi dan mempertahankan kulit dari luar dan dalam.

BACA JUGA:

Serum Berbahan Alami Jaga Ketahanan Kulit

1. Menjadikan ketahanan kulit dari dalam sebagai rutinitas perawatan kulit

Jadikan perawatan ketahanan kulit rutinitas. (foto: pexels-andrea-piacquadio)

Ketika kamu stres, tubuh secara otomatis mengasilkan hormon kortisol. Proses responsif terhadap stres ini dapat mengubah produksi dan komposisi dari kolagen, proteoglycan, dan elastin pada kulit. Zat-zat itu merupakan komponen penting yang membangun ketahanan kulit. Tanpa dukungan dari zat-zat tersebut, kulit dapat secara cepat kehilangan elastisitas dan kekencangannya.

Stres juga dapat memengaruhi lapisan penghalang alami kulit sehingga membuat kulit kurang efektif dalam menyebuhkan luka serta proses perbaikan secara umum. Oleh karena itu pengelolaan stres merupakan salah satu kunci utama dalam perawatan kulit dan membangun ketahanannya.

2. Rutinitas tidur yang baik

tidur
Tidur membuatmu cantik. (foto: pexels-andrea-piacquadio)

Ketika kamu kurang tidur, tubuh akan menginterpretasikan hal tersebut sebagai stres. Hal yang selanjutnya terjadi ialah respons terhadap peradangan yang otomatis membuat kulit rusak. Malam hari merupakan waktu ketika hormon kortisol berada di tingkat yang rendah sehingga saat ini merupakan waktu yang tepat untuk tubuh memperbaiki dirinya dari kerusakan yang terjadi selama kamu beraktivitas di hari tersebut.

Cobalah untuk mematikan gawai 1 jam sebelum tidur dan berusaha untuk menenangkan pikiranmu. Membuat prioritas terhadap jadwal tidur yang teratur merupakan hal yang sangat penting dalam memelihara ketahanan kulit.

BACA JUGA:

Adakah Hubungan antara Gangguan Makan dan Rambut Rontok?

3. Self-love tecermin di kulitmu

self love
Cintai dirimu. (foto: pexels-rodnae-productions)

Kita acap terlalu berfokus kepada kekurangan pada penampilan kita. Memasukkan kata-kata negatif kepada diri sendiri merupakan pencetus stres yang terbesar, hingga lagi-lagi dapat mengubah produksi kolagen, proteoglycan, dan elastin pada kulit. Hilangkan kritik-kritik terhadap diri sendiri itu ketika kamu menggunakan produk perawatan kulit, dan buatlah rutinitas itu sebagai ritual self-love.

Nikmatilah setiap tahapan perawatan kulit, dari mulai pemijatan wajah, merasakan tekstur dan menikmati keharumannya. Hal-hal seperti itu membantu sirkulasi yang baik serta membangun ketahanan kulit yang optimal.

“Ketika dapat menyeimbangkan hubungan antara kesehatan emosional dan kesehatan fisik, di situlah kita dapat mencapai kesehatan dan ketahanan kulit yang baik. Proses penuaan pada kulit merupakan hal alami yang terjadi pada semua manusia. Proses ini terkadang menyebabkan ketakutan dan kecemasan, terutama bagi perempuan. Oleh karena itu, produk perawatan kulit hendaknya dapat digunakan sebagai salah satu sarana pemberdayaan diri dan membantu kita menjadi lebih percaya diri,” ujar Ahmed.(dwi)

BACA JUGA:

Mengenal Lebih Dalam Makeup Matte

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Sebelum Nonton, Simak Fakta Menarik Seputar 'Money Heist: Korea - Joint Economic Area'
ShowBiz
Sebelum Nonton, Simak Fakta Menarik Seputar 'Money Heist: Korea - Joint Economic Area'

Money Heist: Korea - Joint Economic Area lebih dari sekadar adaptasi.

Konten tak Senonoh Nongol di Laman Depan, Twitch Nonaktifkan Fitur Boost Train
Fun
Single 'Edging' Tandai Kembalinya Trio Blink-182
ShowBiz
Single 'Edging' Tandai Kembalinya Trio Blink-182

Hentakan drum dan petikan bass "Edging" memiliki irama yang ear cathing langsung gampang terekam dalam kepala.

Ryan Gosling dan Chris Evans Musuhan di 'The Gray Man'
ShowBiz
Ryan Gosling dan Chris Evans Musuhan di 'The Gray Man'

'The Gray Man' bisa kamu saksikan di Netflix.

.Feast Ceritakan Kekecewaan Masyarakat lewat Album 'Abdi Lara Insani'
ShowBiz
Ketahui Arti Mimpi Rambut Rontok yang Harus Kamu Waspadai
Fun
Ketahui Arti Mimpi Rambut Rontok yang Harus Kamu Waspadai

Terkadang, mimpi bisa berupa sesuatu yang tidak logis atau aneh.

BTS in The Soop Musim Kedua Tayang Perdana 
ShowBiz
BTS in The Soop Musim Kedua Tayang Perdana 

RM dan kawan-kawan menghabiskan empat hari ini sebuah vila di gunung.

November Siap Hadirkan Sejumlah Drakor Seru
Fun
November Siap Hadirkan Sejumlah Drakor Seru

Siap-siap sediakan waktu luang untuk nonton drakor sepanjang November.

Kasus Plagiarisme, Pokemon Company Tuntut 6 Perusahaan Tiongkok
Fun
Kasus Plagiarisme, Pokemon Company Tuntut 6 Perusahaan Tiongkok

Mengklaim telah mengalami kerugian triliunan rupiah.

Zomato India Disindir Soal Terobosan Barunya
Fun
Zomato India Disindir Soal Terobosan Barunya

Protes ini bermula saat CEO Zomato Deepinder Goyal mengunggah di LinkedIn dan Twitter soal layanan pengantaran.