Skenario Indonesia untuk Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-20 2023

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 06 Maret 2023
Skenario Indonesia untuk Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-20 2023
Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20. Foto: PSSI

MerahPutih.com - Langkah Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 tidak terlalu baik. Pada laga perdana Grup A, skuad Garuda Muda dikalahkan Irak dengan skor 0-2, padahal sang lawan bermain dengan 10 pemain.

Beruntung pada laga kedua Grup A, Timnas Indonesia U-20 menang tipis 1-1 atas Suriah.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-20 Incar Kemenangan Atas Suriah dan Uzbekistan

Penyerang Hokky Caraka mencetak gol penting pada menit ke-34 dengan gaya penyelesaian khas pemain Belanda Arjen Robben dengan gerakan memotongnya, dan kiper Daffa Fasya tampil gemilang di bawah mistar gawang untuk membantu mengamankan kemenangan 1-0 atas Suriah.

Seusai mementaskan dua partai, Hugo Samir dan kawan-kawan akan laga pamungkas fase grup menghadapi tuan rumah di kota Fergana pada Selasa (7/3). Kemenangan atas Uzbekistan menjadi kunci lolosnya Indonesia ke perempat final.

Saat ini Indonesia menghuni posisi ketiga klasemen sementara Grup A dengan tiga poin, jumlah poin itu sama dengan milik Irak namun Irak unggul selisih gol. Sedangkan posisi teratas dikuasai Uzbekistan dengan enam poin, dan posisi juru kunci diduduki oleh Suriah dengan nol poin.

Skenario pertama Indonesia lolos ke perempat final adalah Indonesia mengalahkan Uzbekistan, sedangkan Irak bermain imbang dengan Suriah. Jika hal itu terjadi, Indonesia dan Uzbekistan akan sama-sama mengoleksi enam poin dan melaju ke putaran selanjutnya, sedangkan Irak mengakhiri fase grup dengan koleksi empat poin, dan Suriah tiga poin.

Pemain Timnas U-20 Indonesia Hokky Caraka (bawah) melakukan sujud seusai berhasil mencetak gol ke gawang Timnas U-20 Suriah dalam kualifikasi Grup A Piala Asia U-20 di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Uzbekistan, Sabtu (4/3/2023). Timnas U-20 Indonesia berhasil menang 1-0 atas Timnas U-20 Suriah. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nz
Pemain Timnas U-20 Indonesia Hokky Caraka (bawah) melakukan sujud seusai berhasil mencetak gol ke gawang Timnas U-20 Suriah dalam kualifikasi Grup A Piala Asia U-20 di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Uzbekistan, Sabtu (4/3/2023). Timnas U-20 Indonesia berhasil menang 1-0 atas Timnas U-20 Suriah. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nz

Skenario berikutnya adalah Indonesia bermain imbang dengan Uzbekistan, sedangkan Suriah mampu mengalahkan Irak. Jika hal itu terjadi, maka Uzbekistan memiliki tujuh poin, Indonesia memiliki empat poin, dan keduanya berhak lolos ke fase gugur. Sedangkan Irak memiliki tiga poin dan Suriah memiliki tiga poin.

Namun penentuan tim yang lolos dari fase grup pada Piala Asia U-20 juga memiliki cara lain jika terdapat dua atau tiga tim dengan jumlah poin yang sama.

Baca Juga

Klasemen Sementara Grup A Piala Asia U-20: Uzbekistan Menang, Indonesia Paling Bawah

Dalam regulasinya, AFC menetapkan penentuan tim yang lolos dari fase grup jika ada dua atau tiga tim yang sama, adalah dengan head to head dari tim yang poinnya sama, dan kedua selisih gol dan mencetak gol dari penghitungan head to head antara tim dengan koleksi poin yang sama.

Dengan demikian, Indonesia harus menang minimal dengan keunggulan dua gol atas Uzbekistan untuk dapat melaju ke perempat final.

Tugas pelatih Shin semakin berat karena lawan terakhir ini adalah Uzbekistan. Selain diuntungkan dengan faktor menjadi tuan rumah, Uzbekistan sejauh ini tampil bagus di fase grup dengan memukul Suriah 2-0, serta menaklukkan Irak dengan skor 1-0

Uzbekistan juga tampil mentereng saat berpartisipasi pada kualifikasi Piala Asia U-20. Meski poin mereka tidak diperhitungkan, namun anak-anak asuh pelatih Timur Kapadze memenangi semua pertandingan yang mereka ikuti di Grup A, dengan memukul Maladewa 7-0, menang 3-0 atas Myanmar, menang 2-1 atas Arab Saudi, dan menang 2-1 atas China. Dengan total koleksi 14 gol dan hanya kemasukan dua kali selama berpartisipasi di fase grup tersebut.

Secara sejarah, prestasi terbaik Uzbekistan pada gelaran Piala Asia U-19, sebelum berubah menjadi Piala Asia U-20, adalah menjadi runner up pada 2008. Setelah itu pada keikut sertaan setelahnya, selain pada 2018 ketika mereka tidak lolos putaran final, Uzbekistan selalu berhasil lolos fase grup dan mencapai perempat final atau semifinal.

Indonesia kerap mengalami kesulitan saat bertemu Uzbekistan. Pertemuan terakhir di level senior adalah pada PSSI Anniversary Cup 2018 silam, ketika itu timnas U-23 Indonesia ditahan imbang tanpa gol oleh Uzbekistan pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Sedangkan pada Piala Asia U-19 2014, Indonesia dihajar 1-3 oleh Uzbekistan pada fase grup. Pada kategori lebih junior, yakni Piala Asia U-16 2010 yang digelar di Uzbekistan, tuan rumah menang 3-0 atas Indonesia, juga di fase grup. (*)

Baca Juga

Dalih Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-20 Dikalahkan 10 Pemain Irak

#Timnas Indonesia U-19 #Piala Asia 2023
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan