Skema Ganjil Genap Tak Pengaruhi Penumpang di Angkutan Umum Papan penanda wilayah ganjil genap di Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan MH Thamrin. (ANTARA/Livia Kristianti)

MerahPutih.com - Kebijakan ganjil genap (gage) yang baru diterapkan Gubernur Anies Baswedan di 25 ruas protokol Jakarta tak berpengaruh terhadap lonjakan penumpang di tranportasi umum.

Hal itu terlihat berdasarkan pengamatan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo pada hari pertama penindakan gage, Senin (10/8).

Baca Juga:

Mayoritas Pelanggar Ganjil Genap 'Ngeles' Saat Ditindak

"Jadi, secara keseluruhan hari ini juga tidak ada lonjakan penumpang," ucap Syafrin saat dikonfirmasi, Senin (10/8).

Syafrin menuturkan, Dishub DKI bersama polisi akan mengevaluasi aturan skema ganjil genap tiap seminggu sekali. Caranya adalah dengan melihat kinerja lalu lintas.

"Kinerja angkutan umum dibandingkan dengan pertambahan angka kasus positif COVID-19 di Jakarta, termasuk hasil evaluasi pengakkan hukum terhadap penetapan pembagian waktu sif kerja," paparnya.

Sosialisasi pemberlakuan kembali ganjil genap di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (2/8/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/pras.
Sosialisasi pemberlakuan kembali ganjil genap di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (2/8/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/pras

Syafrin kembali menegaskan kebijakan Gage pada masa pandemik COVID-19 berbeda dengan sebelumnya. Ganjil Genap saat ini merupakan cara Pemprov DKI untuk menekan pergerakan masyarakat saat pandemik.

Sehingga, lanjutnya, tidak terjadi kerumunan atau keramaian masyarakat pada pusat-pusat kegiatan.

Baca Juga:

Dinilai Lebih Banyak Mudaratnya, Penerapan Ganjil Genap Mesti Ditunda

Syafrin berharap warga yang masih bisa bekerja dari rumah, untuk tetap bekerja dari rumah. Sebab, apabila masyarakat masih melakukan mobilitas tak perlu maka akan menimbulkan keramaian.

"Ini tidak baik untuk kita bersama yang sedang berupaya mengatasi pandemi COVID-19," tutupnya. (Asp)

Baca Juga:

Gerindra Kritik Pemprov DKI Terapkan Lagi Ganjil Genap

Kredit : asropihs

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH