Sitz Bath, Terapi Air Hangat untuk Kesehatan Organ Intim Sitz bath, salah satu cara untuk mejaga kesehatan organ intimmu. (Foto: Mamanatural)

ORGAN intim merupakan salah satu bagian tubuh yang harus diperhatikan kesehatannya. Hal ini bisa kamu lakukan dengan sitz bath, yakni terapi air hangat. Tujuannya untuk membersihkan perineum, area di antara anus dan organ intim. Sitz bath tak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja, melainkan juga anak-anak.

Adapun beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan sitz bath seperti, meningkatkan aliran darah, mengurangi rasa gatal pada area perineum, meringankan keluhan pada sembeli kronis, hingga rasa nyeri pada vagina setelah melahirkan.

Baca juga:

Tren Minuman Boba Makin Menjamur, Apakah Itu Aman untuk Kesehatan?

Tapi meski banyak manfaat kesehatan, jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan sitz bath.

Kamu bisa melakukannya di bath tub atau baskom. (Foto: Healthline)
Kamu bisa melakukannya di bath tub atau baskom. (Foto: Healthline)

Sebelum melakukan sitz bath, pastikan kondisi bath tub dalam kondisi bersih. Melansir dari laman Alodokter, setelah itu, isi dengan air hangat setinggi tujuh sampai 10 sentimeter atau cukup dalam untuk merendam perineum. Ingat, airnya jangan terlalu panas karena akan menyebabkan luka bakar atau perasaan tidak nyaman.

Setelah itu, tambahkan garam laut yang tidak mengandum yodium, minyak zaitun, minyak esensial, atau soda kue jika diperlukan. Hal ini akan menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi risiko infeksi. Kemudian, duduklah di bath tub selama 20 sampai 30 menit. Setelah selesai, keringkan badan dan organ intim menggunakan handuk bersih.

Baca juga:

Tren Hidup Sehat Tahun 2020

Jangan lupa untuk menggunakan air hangat. (Foto: Niagara Hot Tubs)
Caption

Jika kamu tidak memliki bath tub, alternatifnya, bisa menggunakan baskom. Caranya, siapkan baskom khusus sitz bath dengan ukuran yang cukup besar dan pastikan baskom tersebut dalam kondisi bersih. Letakkan baskom di atas dudukan toilet dan alasi dengan keset karet agar baskom tidak bergeser.

Kemudian, tuangkan air hangat dengan ketinggian air hingga merendam area perineum. Tambahkan garam laut yang tidak mengandung yodium, minyak zaitun, minyak esensial, atau soda kue bila perlu. Kemudian, duduk dengan posisi bokong di dalam baskom selama 20 sampai 30 menit. Setelah selesai, tepuk-tepuk area intim dengan handuk bersih.

Setelah selesai melakukan sitz bath, oleskan salep yang diberikan dokter untuk mengobati wasir yang mungkin sedang kamu alami. Jika organ intimmu sedang dalam masalah, segera lakukan konsultasi ke dokter, ya! (And)

Baca juga:

Punya Bayi Kembar dari IVF Ternyata Berisiko


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH