Situs Corona Diserang, Pemprov DKI: Ada Orang Banjiri Traffic Layanan informasi terkait virus corona. (Foto: Twitter @DKIJakarta)

MerahPutih.com - Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui akun Twitter resminya bernama @DKIJakarta menyampaikan bahwa situs corona.jakarta.go.id, portal informasi tetang virus corona mendapat serangan DDoS.

Kepala UP Jakarta Smart City Yudhistira Nugraha mengatakan bahwa web tersebut bukan di-hack atau diretas oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Web itu mengalami kunjungan yang sangat tinggi sehingga orang-orang sulit mengakses.

Baca Juga:

Beredar Pesan Arahan Anies Terkait Corona, Pemprov DKI Pastikan Itu Hoaks

"Enggah, cuma ada plumbing traffic yang tinggi. DDos saja. Bukan diretas jadi di DoS ada plumbing traffic," kata Yudhistira saat dihubungi, Jakarta, Kamis (12/3).

"Iya di DoS itu serangan membanjiri website dengan trafik yang penuh. Jadi down," lanjutnya.

Layanan bantuan terkait virus corona. (Foto: Twitter @DKIJakarta)
Layanan bantuan terkait virus corona. (Foto: Twitter @DKIJakarta)

Lebih lanjut, Yudhistira menilai server itu juga karena diserang oleh oknum yang mengendalikan robot sehingga menyulitkan masyarakat untuk mengakses.

"Bukan (diretas). Jadi ada orang yang sengaja mau menyerang membanjiri traffic. Jadi orang lain tidak bisa akses. Robot. Nyerang terus. Jadi dia nyerang bertubi-tubi jadi di DoS memang ada orang yang nyerang," jelasnya.

Meski demikian, ia memastikan halaman dan data yang ada di situs itu masih terpantau aman. Pihaknya akan mencari oknum yang melakukan ini.

"Nanti kita analisa dari penyerangnya, jadi sekarang sedang kita cari datanya dan analisa," tutupnya.

Baca Juga:

Situs Pemprov DKI Tentang Informasi Virus Corona Diserang

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta melalui akun Twitter dengan nama akun @DKIJakarta menyampaikan bila situs corona.jakarta.go.id mengalami serangan DDOS.

Akibatnya untuk sementara waktu web yang menginformasikan mengenai virus corona atau COVID-19 tidak dapat diakses.

"Mohon maaf, situs corona.jakarta.go.id sedang sulit diakses karena mendapat serangan DDoS. Saat ini sedang ditangani tim Kominfotik DKI," cuit Pemprov DKI Jakarta, Kamis (12/3) pada pukul 06:03 PM atau 18:03 petang.

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta melalui Tim Tanggap COVID-19 telah menyediakan situs kanal yang menyajikan informasi seputar penyebaran virus corona lewat situs corona.jakarta.go.id. (Asp)

Baca Juga:

Erick Thohir Sebut Percuma Berantas Virus Corona kalau Tidak Kompak


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH