Situs Candi Tersembunyi Ditemukan di Temanggung, Lokasinya Bikin Kaget Iustrasi area sawah di pinggir jalang. Foto: MP

MerahPutih.com - Puluhan benda cagar budaya berupa batuan candi ditemukan Desa Candisari, Bansari, Temanggung. Benda bernilai sejarah itu ditemukan tidak sengaja di tengah sawah.

"Benda-benda temuan baru tersebut ditemukan warga secara tidak sengaja di tengah sawah saat akan melebarkan jalan," kata Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung, Didik Nuryanto di Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu (23/6).

Menurut Didik, benda cagar budaya yang sudah diselamatkan antara lain berupa dua yoni dan sekitar 40 komponen batuan candi. Dilaporkan Antara, benda cagar budaya tersebut diduga peninggalan dari zaman Hindu. "Untuk memastikan apakah di kawasan tersebut terdapat candi perlu kajian lebih lanjut," imbuh dia.

batu candi
Ilustrasi batuan candi. Foto:MP

Untuk menyelamatkan benda cagar budaya itu, kata Didik, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung bersama Badan Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah melakukan konservasi dengan membuat sebuah bangunan penampungan di sekitar lokasi temuan.

Bangunan yang didirikan di tanah milik Desa Candisari tersebut berukuran 5,70 x 5,70 meter untuk menampung temuan benda cagar budaya yang sedang dikumpulkan.

"Kami membuat shelter untuk menyelamatkan benda-benda bersejarah tersebut, karena ada sebagian yang telah hilang. Menurut warga dulu ada patung Candinya, tetapi sekarang tidak ada," katanya.

Didik mengimbau masyarakat jika menemukan benda cagar budaya supaya melapor ke perangkat desa atau ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung agar benda-benda tersebut bisa diselamatkan. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH