Situs Arsitektur Tiongkok Gelar Kompetisi Bangunan Terjelek

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 07 Oktober 2021
Situs Arsitektur Tiongkok Gelar Kompetisi Bangunan Terjelek
Tiongkok lakukan pemungutan suara untuk menentukan bangunan terburuk. (Foto: Handout)

KETIKA dunia berlomba-lomba memperlihatkan bangunan terbaik, Tiongkok malah melakukan kebalikannya. Sejak 2010, situs arsitektur archcy menggelar sebuah kompetisi tahunan tak biasa.

Alih-alih memberikan suara untuk bangunan terbaik, mereka malah membuat jajak pendapat untuk menentukan 10 bangunan terjelek. Menunjukkan bahwa menjadi yang terburuk ternyata tidak selalu merugikan.

Baca juga:

Canggihnya Sepeda Self Balacing dari Tiongkok

Situs Arsitektur Tiongkok Gelar Kompetisi Bangunan Terjelek
Markas besar CCTV di Beijing jadi salah satu bangunan terjelek dan dijuluki sebagai celana panjang raksasa. (Foto: Sopa)

Bukan tanpa alasan. Berdasarkan situs resminya, pemilih ini dilakukan untuk membuka diskusi mengenai keindahan dan keburukan arsitektur serta mempromosikan tanggung jawab sosial arsitek.

Pihak penyelenggara berharap hasilnya nanti dapat memancing pemikiran kritis tentang arti keindahan dan keburukan. Selain itu, mereka juga mendorong aristektur lokal untuk bereksperimen dengan bentuk aneh agar menjadi magnet bagi wisawatan.

Dalam survei bangunan terburuk ke-12 ini, archcy telah mengidentifikasi hampir 90 pesaing. Daftar tersebut mencakup gedung pencakar langit, museum, hotel, fasilitas olahraga, dan beberapa lainnya.

Semuanya memiliki satu kesamaan yaitu bentuk dan orname tak biasa yang berkontribusi pada reputasi aristektur aneh di negara Tirai Bambu itu.

Sampai saat ini, titel bangunan terjelek masih dipegang oleh Gerbang Lima Lengkung di Zhejiang Univeristy, Hangzhou. Kemudian di posisi kedua ada Jembatan Kaca di Provinsi Sichuan. Jembatan tersebut tergantung antara patung-patung raksasa dalam kostum tradisional. Julukannya patung selamat datang neraka.

Sedangkan nominasi lainnya termasuk museum yang dibandingkan dengan pot mi instan dan bentangan menara Shanghai sepanjang 1,5km yang dihubungkan satu atap bergelombang.

Baca juga:

Pertama di Tiongkok, Universal Studios Beijing

Situs Arsitektur Tiongkok Gelar Kompetisi Bangunan Terjelek
Salah satu bangunan yang masuk dalam nominasi bangunan terburuk. (Foto: SCMP)


Berikut ini 10 nominasi bangunan terjelek di Tiongkok:

1. Gerbang Selatan Kampus Zijingang, Universitas Zhejiang

2. Menara Jembatan Kaca Gunung Jiuhuangshan di Mianyang, Sichuan

3. Gereja Biola, Yanbu, Foshan, Guangdong.

4. Manzhouli Matryoshka Hotel dengan boneka babushka setinggi 73 meter.

5. Museum Seni Anak Internasional Xi’an, Shaanxi

6. Basis Demonstrasi Industri 4.0 Shanghai Jiading Design

7. Rumah Terbalik di Daping, Chongqing

8. Taman Kunming, Yunnan

9. Pusat Seni Harbin Ma Xu Wenbo, Heilongjiang

10. Museum Shanxi Taiyuan

Menurut informasi, pemungutan suara akan berlangung hingga Desember 2021. Panel juri terdiri dari arsitek, kritikus, dan akademisi.

Mereka akan menilai berdasarkan sembilan kriteria, yaitu apakah bangunan memiliki kesesuaian antara desain dan fungsinya, sesuai dengan lingkungan alam sekitar, terlalu mengidolakan budaya barat atau Tiongkok kuno, menggunakan metafora atau simbol yang tidak tepat, plagiat, meminjem ide dari desain terkenal lain, dan dirancang dalam bentuk aneh.

Nantinya pendapat publik menyumbang 40 persen untuk keputusan akhir. Kira-kira bangunan apa yang akan keluar sebagai pemenang ya? (sam)

Baca juga:

Robot Kurir Bertebaran di Tiongkok

#Arsitektur #Tiongkok #Wisata Dunia
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan