Amerika Serikat Gelar Konser Pertama saat Pandemi COVID-19, Begini Suasananya

annehsannehs - Kamis, 21 Mei 2020
Amerika Serikat Gelar Konser Pertama saat Pandemi COVID-19, Begini Suasananya
Travis McCready gelar konser pertama di masa pandemi. (Foto: The New York Times)

PANDEMI COVID-19 membuat warga dunia harus menjaga jarak demi mencegah penyebaran virus selama beberapa bulan terakhir. Akibatnya, bermunculan cara baru untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Bekerja dari rumah dan belajar dilakukan secara daring. Begitu juga dengan berbelanja.

Yang terbaru, warga dunia mulai mencari cara mendapat hiburan dengan tetap menetapkan penjarakan sosial. Beberapa warga AS contohnya. Mereka merasa konser musik masih boleh diselenggarakan asal mengikuti rekomendasi dari WHO. Konser musik pertama baru saja diselenggarakan di tengah pandemi COVID-19 pada Selasa (19/5) di TempleLive, Arkansas.

BACA JUGA:

Rich Brian, Stephanie Poetri, dan NIKI Tampil di Konser Online ASIA RISING FOREVER

Konser itu mendatangkan Travis McCready, penyanyi dengan genre blues-rock dari band Bishop Gunn. Meski ada ancaman intervensi polisi dan tanggal konser yang dijadwalkan ulang, pertunjukan tersebut tetap berlangsung tanpa hambatan.

Untuk bisa menonton konser, pertama-tama para penonton harus mengantre di depan venue secara berjarak. Para staff akan mengecek temperatur setiap orang menggunakan termometer infrared.

Cek temperatur yang dilakukan di luar venue. (Foto: Rolling Stone)
Cek temperatur yang dilakukan di luar venue. (Foto: Rolling Stone)

Setelah masuk ke venue, penonton bisa mengikuti stiker dan lakban yang ditempel di lantai untuk mengantre dengan jarak enam kaki. Beberapa penjaga juga mengawasi antrean toilet yang tidak boleh lebih dari 10 orang.

Konser Travis McCready diadakan Fort Smith, Arkansas. (Foto: Rolling Stone)
Konser Travis McCready diadakan Fort Smith, Arkansas. (Foto: Rolling Stone)

Dilansir dari Rolling Stone, terdapat lebih dari 200 orang yang datang untuk mendukung konser perdana ini. Mereka tetap harus melewati berbagai tahap keselamatan yang mengurangi kapasitas pengunjung sampai 80% dan mengharuskan para penonton untuk menggunakan masker di dalam venue.

Salah satu penggemar McCready menyetir beberapa jam dari Oklahoma untuk bisa menonton konsernya di Arkansas.  (Foto: NY Times)
Salah satu penggemar McCready menyetir beberapa jam dari Oklahoma untuk bisa menonton konsernya di Arkansas. (Foto: NY Times)

"Jika gereja bisa berkumpul tanpa batasan dan kuil tetap mengikuti rekomendasi dari CDC untuk social distancing dan masker, kenapa konser tidak bisa?" ungkap salah seorang penonton bernama Nancy Rainey ketika diwawancarai oleh Rolling Stone.

Pembagian kursi yang menerapkan social distancing. (Foto: Rolling Stone)
Pembagian kursi yang menerapkan social distancing. (Foto: Rolling Stone)

"Pertanyaan fundamental dari eksperimen ini ialah bagaimana caranya menangani keselamatan sekaligus mengatasi perekonomian," ungkap Lance Beatty, pemilik TempleLive. (shn)

BACA JUGA:

Post Malone Membuat Konser Tribute to Nirvana Bersama Travis Barker

Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan