Siswa Disiksa Makan Kotoran Manusia, Tindakan Membahayakan Tubuh! pembullyan yang berdampak pada terganggunya kondisi kesehatan. (Foto: Pixabay/Wokandapix)

MENCUAT kasus yang memiriskan hati. Terjadi pembullyan terhadap siswa di sebuah sekolah di Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Mereka dipaksa oleh kakak kelas memakan kotoran manusia atau feses. Peristiwa itu terjadi pada 19 Februari 2020 lalu.

Melansir dari Healthline, menurut Illnois Poison Center, sama halnya dengan mengonsumsi racun. Kotoran secara alami mengandung bakteri yang biasa ditemukan di usus. Meskipun bakteri ini tidak membahayakan kamu, ketika berada di usus kamu. Bila masuk ke dalam mulut maka bakteri-bakteri ini dapat menyebabkan gejala seperti mual, diare, muntah, dan demam.

Baca Juga:

3 Makanan Sehari-hari Ini Ternyata Berdampak Buruk untuk Kulit

bully
Dampak buruk bagi kesehatan bila terkena feses. (Foto: Pexels/Kat Jayne)

Parasit dan virus seperti hepatitis A dan hepatitie E juga ditularkan melalui kotoran. Kamu bisa mengalami sakit dengan melakukan kontak dengan melakukan tindakan lain, biasanya ditularkan melalui tangan yang tidak dicuci.

Melalui tangan saja dapat menularkan penyakit, bagaimana kontak langsung dengan mulut? Ini berisiko mengalami gejala yang merugikan. Di dalam kehidupan, pastinya kamu pernah secara tidak sengaja menelan kotoran, seperti makan makanan yang terkontaminasi. Hal ini akan menyebabkan gejala yang mirip dengan keracunan makanan.

Solusinya penyembuhannya adalah dengan minum banyak cairan, untuk mengurangi sebagian besar gejala yang berhubungan dengan konsumsi kotoran yang tidak disengaja dan bukan kotoran milikmu, apalagi sudah kotor dan terkontaminasi. Jika gejalanya menetap atau berlanjut hingga beberapa minggu, hubungi dokter segera. (nic)


Baca Juga:

Es Teh Manis Berdampak Buruk Buat Tubuh? Berikut Fakta-faktanya


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH