Siswa di Yogyakarta Disarankan Sungkem ke Orangtua Usai Pengumuman Kelulusan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Alun-Alun Utara Yogyakarta Rabu (2/5) (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.Com - Beragam cara merayakan kelulusan. Mulai dari aksi heboh sampai dengan cara unik seperti yang dianjurkan Gubernur DI Yogyarakata Sultan Hamengku Buwono X.

Sebagaimana diketahui, Kamis (3/5) pengumuman kelulusan SMA akan dilakukan secara serentak. Merayakan kelulusan tersebut, Sultan menganjurkan para siswa menempuh jalan sunyi.

Para siswa yang dinyatakan lulus disarankan sungkeman ke orang tua. Hal yg dilakukan sebagai bentuk ujud syukur dan ucapan terimakasih anak kepada orang tuanya.

"Usai pengumuman, pulang ke rumah, sujud ke Orang tua yang sudah membiayai sekolah kalian,"kata Sultan usai di Yogyakarta, Rabu (2/5).

Upacara Hardiknas di Yogyakarta
Upacara Hardiknas di Yogyakarta (MP/Teresas Ika)

Menurutnya tindakan ini jauh lebih baik ketimbang melakukan konvoi dijalan atau membuat keributan. Raja Jogjakarta ini turut melarang siswa konvoi dijalan. Sebaliknya para siswa diminta melakukan kegiatan bermanfaat lainnya.

"Habis pengumuman jangan konvoi di jalan. Jangan corat coret baju juga,"tegasnya.

Senada Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY Baskara Aji mengimbau sekolah untuk melarang siswa konvoi di jalan dann berbuat onar.

Pengumuman kelulusan siswa SMA, lanjut Aji akan dilakukan di sekolah masing-masing. Hasil kelulusan akan dikeluarkan serempak diseluruh sekolah di DIY pada pukul 10.00 WIB.

Para pelajar rayakan Hardiknas
Parade para siswa saat Hardiknas 2018 (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Pihaknya membebaskan sekolah untuk memilih cara pengumuman yang tidak menimbulkan keributan.

"Terserah sekolah mau diumumkan via online, telepon atau datang langsung ke sekolah. Pokoknya ga boleh ada konvoi yang menggangu ketertiban dijalan," tegas Aji.

Disdikpora turut akan menggandeng kepolisian untuk mengamankan dan mencegah tindakan konvoi yang anarkis dan mengganggu ketertiban masyarakat.

Sekolah yang membiarkan siswa konvoi kebut-kebuyan dijalan terancam kena sanksi.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dengan sekitarnya.

Baca juga berita menarik lainnya dalam artikel: Taman Pintar Yogyakarta Disarankan Tambah Jam Operasional



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH