Sistem Pendidikan Agama NU Kebal Radikalisme Logo NU (net)

Merahputih.com - Pengamat terorisme dan radikalisme dalam Islam dari Universitas Malikussaleh, Al Chaidar menyebut sistem pendidikan agama Islam yang dikembangkan Nahdlatul Ulama (NU) terbukti kebal terhadap pengaruh radikalisme.

"Radikalisme ini sangat susah masuk ke lingkungan orang NU. Mereka sudah memiliki sistem informasi keagamaan sendiri yang tidak bisa dimasuki teroris," kata Al Chaidar saat menjadi pembicara di "Diskusi Interaktif tentang Kajian Religius Ekstremisme dalam Perspektif Psikologi dan Sosiologi" yang digelar Universitas Nahdaltul Ulama Surabaya (Unusa) di Surabaya, Senin.

Menurut Chaidar, sistem pendidikan keagamaan di NU itu juga sama dengan sistem keagamaan tradisional. NU telah memiliki pemahaman dan metode membahas persoalan agama secara lebih komprehensif dibanding kelompok teroris.

"Jika tradisi ini hilang maka akan sulit bagi Indonesia untuk mempertahankan diri dari paparan radikal. Makanya jangan sampai kaum tradisional itu hilang," kata dosen ilmu politik itu.

Ilustrasi pencucian otak oleh teroris. Foto: Pixabay

Berkaca dari hal itu, Chaidar menilai penguatan pendidikan agama adalah kunci untuk membentengi mengakarnya radikalisme di Indonesia.

"Sebenarnya tidak benar bahwa mahasiswa mudah terpapar radikalisme dan terorisme. Karena memang di kampus selalu dikembangkan cara berpikir yang logis dan metodologis," ujarnya dikutip Antara.

Dirinya menyoroti minimnya pendidikan agama di perguruan tinggi sehingga hal itu dijadikan peluang oleh para penebar paham radikalisme, fundamentalisme dan terorisme.

"Saya rasa mahasiswa akan semakin gersang sehingga mudah dibodohi oleh teroris. solusi mudahnya materi pendidikan agama itu harus diperkuat. Sehingga isu-isu agama dapat dibedah dengan tuntas," kata Chaidar.

Selain Al Chaidar, pakar psikologi perkembangan remaja dan psikologi religiusitas yang juga dosen Fakultas Psikologi UGM Yogyakarta juga menjadi pembicara dalam seminar tersebut. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH