Teknologi

Sistem Parkir Modern Hadir di Mal Jakarta Pusat

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Minggu, 07 Agustus 2022
Sistem Parkir Modern Hadir di Mal Jakarta Pusat
Ilustrasi tempat parkir. (Foto: Unsplash/Michael Fousert)

MAL Grand Indonesia, Jakarta Pusat resmi menerapkan inovasi teknologi parkir baru agar mempercepat akses keluar-masuk kendaraan. Inovasi yang diberikan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung ini merupakan pengembangan dari perusahaan penyedia layanan dan teknologi parkir, PT Centrepark Citra Corpora (CentrePark).

CentrePark sudah bekerja sama dengan pengelola parkir Mal Grand Indonesia pada November 2021. Kedua pihak menekan nota kesepakatan di Jakarta pada 3 Februari 2022 oleh Direktur Utama PT Centrepark Citra Corpora, Charles Richard Oentomo, didampingi Direktur CentrePark Chris Haryadi, dengan dua Direktur Grand Indonesia Murali Daran dan Hary Kusnadi. Sejak 1 Agustus 2022, penyedia layanan ini resmi mengelola area parkir mal tersebut.

"Kami memiliki misi yang sama dengan pihak mal yaitu menyerukan pengalaman berbelanja eksklusif melalui sejumlah brand global yang menjadi tenant-nya. Tentunya dilengkapi dengan fasilitas kondominium, perkantoran, dan hotel dengan klasifikasi sama mewahnya," kata Charles dalam siaran pers yang diterima Merahputih.com, Jumat (5/8).

Baca juga:

Car Free Night Sudirman-Thamrin, Ini Lokasi Parkir Bagi Pengunjung

Sistem Parkir Modern Hadir di Mal Grand Indonesia
Memberikan pengalaman eksklusif selain berbelanja. (Foto: dok. Mal Grand Indonesia)

Area parkir mal ini menampung lebih dari 10 ribu unit lot parkir kendaraan, dengan lebih dari 70 unit akses keluar-masuk parkir. Untuk memastikan seluruh kendaraan pengunjung yang parkir di gedung tersebut aman, pihaknya menurunkan puluhan personil yang bekerja selama tujuh hari 24 jam penuh.

Transaksi pembayaran parkir dilakukan non tunai (cashless) dengan uang elektronik berbasis kartu seperti Flazz, Brizzi, TapCash, E-Money dan lainnya. Tidak hanya metode pembayaran cashless, area parkir Grand Indonesia juga contactless berkat teknologi parkir paling mutakhir di kelasnya. Pemilik kendaraan akan mendapatkan bukti atau karcis parkir berupa e-struk.

Baca juga:

Masyarakat Bekasi Belum Siap dengan Sistem Parkir Meter

Sistem Parkir Modern Hadir di Mal Grand Indonesia
Menerapkan metode pembayaran cashless. (Foto: Unsplash/Jonas Leupe)

Menurut Direktur Operasional CentrePark Adriatik Harisnanda, kualitas sebuah mal salah satunya dapat diukur dari pelayanan dan fasilitas lahan parkir kendaraan yang diberikan. Tidak hanya pengaturan layout parkir yang baik, namun juga termasuk layanan cepat tanggap dan ramah kepada seluruh konsumen. Mal semestinya memiliki fungsi lain dari sekadar buying yaitu pengalaman sejak pelanggan masuk ke gedung mal.

"Dalam rangka menciptakan excellent journey untuk para pelanggan, kami membuat teknologi parkir senyaman dan se-efisien mungkin dengan tetap memikirkan aspek keamanannya," kata Adri.

Inovasi sistem dan teknologi modern tersebut sejalan dengan prinsip CentrePark sebagai perusahaan operator parkir nasional yang mengedepankan transparansi.

"Sistem tersebut mempermudah keterbukaan data, sehingga perusahaan kami sangat taat terhadap aturan perpajakan dan taat terhadap ketentuan perundangan yang berlaku. Terobosan-terobosan teknologi yang kami gagas juga berdampak pada efisiensi di lapangan agar tercapai titik kesejahteraan kedua belah pihak," tutup Charles. (and)

Baca juga:

Kota Makassar Mulai Berlakukan Smart Parking

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan