Sistem 5G Sudah Dipakai oleh Lebih dari 6,7 Juta Ponsel Pengguna jaringan 5G akan berkembang lebih dari 17 kali lipat dari yang ada saat ini. (Foto: Pixabay/rawpixel.com)

SISTEM 5G menawarkan berbagai kemudahan bagi pemakainya. Salah satunya adalah kecepatan internet yang sangat ngebut. Konon katanya dengan sinyal yang baik mendolot film berkapasitas 8GB hanya butuh waktu 6 detik.

Dengan jaringan 5G ini mentransfer data jadi sangat mudah dan cepat. Ini karena kecepatan 5G 100 kali lebih cepat daripada jaringan 4G. Jaringan 5G terhubung dengan cloud yang memungkinkan penggunanya melakukan apa saja melalui ponsel pintarnya. Jaringan ini bisa melakukan streaming video tanpa tersendat, mendengarkan musik lebih jernih atau menavigasi arah tujuan dengan baik. Diperkirakan pada akhir tahun 2020 sudah mencapai lebih dari 50 juta perangkat yang terkoneksi dengan sistem ini.

Baca Juga:

Mengenal MarsCat, Si Robot Kucing Canggih Berharga Fantastis

ponsel
Ponsel pintar harus memiliki kecepatan internet yang tinggi. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Yang paling mencengangkan adalah laporan dari Counterpoint Research, yang dilansir oleh Daily Mail, menyebutkan bahwa saat ini Samsung menduduki peringkat pertama dalam penjualan ponsel pintar. Produsen asal Korea Selatan itu menguasai sekitar 53 persen penjualan ponsel pintar. Apalagi produsen ini melengkapi produknya dengan kemampuan tersambung dengan jaringan 5G.

Tadinya produsen itu hanya memprediksi penjualan ponsel 5G sebesar 4 juta unit sampai akhir tahun (2019). Ternyata penyebarannya melebihi prediksi mereka. Samsung mengapalkan sekitar 6,7 juta ponsel pintar ke seluruh dunia.

Laporan lembaga itu menempatkan produsen ini berada di atas produsen-produsen lainnya. Produk yang merupakan momen penting dalam jajaran koleksinya adalah Galaxy S10 5G yang mengisyaratkan pada dunia dunia bahwa terjadi peralihan pada Samsung.

Samsung menjanjikan penggunanya akan memiliki pengalaman berbeda dengan memakai produk mereka yang sudah dilengkapi kemampuan jaringan 5G. Counterpoint Research menyebutkan bahwa saat ini kenaikan penjualan ponsel pintar 5G hanya menyumbangkan pemasukan sekitar 1 persen saja di tahun 2019.

Baca Juga:

Face ID Tak Ada Lagi pada iPhone?

ponsel
Beberapa produsen ponsel pintar sudah mengadaptasi teknologi 5G. (Foto: Pexels/FOX)


Menurut lembaga itu pembeli ponsel pintar 5G adalah orang-orang yang suka dengan teknologi dan beberapa pengguna yang berusaha beralih dari jaringan lama. Harus diakui bahwa teknologi jaringan ini masih terasa mahal untuk sebagian orang. Namun nantinya seiring dengan waktu teknologi anyar ini akan dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

Di bawah Samsung beberapa produk sudah mengadaptasi jaringan 5G. Seperti Huawei, LG, Vivo, Oppo, Xiaomi dan OnePlus. Menggembirakannya pertumbuhan penjualan ponsel 5G ini diprediksi akan mencapai 17 kali di tahun 2020.

Produsen asal Korea Selatan itu berhasil memasuki jaringan %g pada bulan April tahun lalu. Kemudian di bulan Mei menjadi perusahaan pertama yang mepelas ponsel pintarnya dengan jaringan 5G ke seluruh dunia.
Samsung sudah bersiap melepaskan produk-produk anyarnya ke seluruh dunia dengan dilengkapi dengan sistem 5G. (psr)


Baca Juga:

5 Game Baru yang Paling Dinantikan di 2020

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH