Sains
 Sisi Kanan Lumba-Lumba Dominan Seperti Manusia Kebanyakan lumba-lumba memiliki sisi kanan yang dominan. (Foto: unsplash/noaa)

SEKITAR 90 persen manusia adalah pengguna tangan kanan. Rupanya, manusia bukanlah satu-satunya makhluk yang seperti ini.

Melansir laman CNN dan The Guardian yang merangkum hasil studi, para peneliti dalam riset The Dolphin Communication Project menangkap lebih dari 10 jam rekaman video lumba-lumba hidung botol antara tahun 2012 dan 2018.

Baca juga:

Lumba-Lumba Purba Predator Seperti Paus Pembunuh

Mereka menganalisa di saat lumba-lumba berenang di dekat dasar laut dan mencari belut atau ikan di pasir melalui ekolokasi untuk menemukan makanan yang terkubur.

Mereka menemukan bahwa sebelum menyodorkan moncong mereka ke pasir untuk menangkap mangsanya, lumba-lumba dengan cepat berhenti sambil melakukan putaran cepat 90 hingga 180 derajat. Menambahkan bahwa lumba-lumba biasanya berbelok ke kiri, dengan mata kanan dan sisi kanan paling dekat ke bawah.

Lumba-lumba ini melakukan putaran 90 hingga 180 derajat dengan sisi kanannya dekat pada pasir. (Foto: Daisy Kaplan, et. al, The Royal Society Publishing)

Bahkan, penelitian menemukan lumba-lumba hidung botol tampaknya memiliki bias sisi kanan yang lebih kuat daripada manusia. "Saya tidak menyangka akan menemukannya dalam perilaku tertentu itu, dan saya tidak menyangka dapat menemukan contoh yang kuat," kata Dr. Daisy Kaplan, rekan penulis studi kepada The Guardian.

Studi menulis bahwa lebih dari 99 persen dari 709 putaran yang diamati para ilmuwan mengikuti pola ini. Hanya satu lumba-lumba saja berbelok ke kanan, walau begitu sang lumba-lumba memiliki sirip dada kanan yang cacat. Namun, peneliti mengatakan terdapat dua lumba-lumba lainnya yang juga memiliki sirip kanan cacat atau hilang namun masih berbelok ke kiri.

Bahkan lumba-lumba hidung botol bias sisi kanannya lebih kuat daripada manusia. (Foto: unsplash/vierra)

Bukan hanya lumba-lumba, penelitian sebelumnya sempat menemukan bukti lain seperti paus abu-abu dan paus bungkuk cenderung berguling ke kanan saat mencari makan di dasar laut. Sementara itu, lumba-lumba kehitaman mengelilingi mangsanya dengan sisi kanannya menghadap mangsa.

Baca juga:

Siphonophore, Hewan Terpanjang di Dunia?

Para peneliti tidak meneliti alasan dari perilaku ini, tetapi mereka memiliki beberapa teori. Tim peneliti mengatakan ini mungkin karena saluran makanan para lumba-lumba yang membelah untuk melewati laring mereka, lebih lebar di sisi kanan daripada di sisi kiri. Ini kemungkinannya juga memudahkan lumba-lumba untuk menelan mangsa.

Paus bungkuk juga memiliki sisi kanan yang dominan. (Foto: unsplash/steve3p_0)

Penelitian juga menunjukkan bahwa lumba-lumba menghasilkan echolocating clicks dengan bibir fonik di sisi kanan kepala mereka, yang berarti akan menguntungkan jika sisi ini diposisikan lebih dekat ke dasar laut.

Selain itu, Sama seperti manusia yang memproses bahasa di belahan kiri otak, lumba-lumba juga dapat menggunakan otak kiri yang terhubung ke mata kanan untuk memproses informasi sensorik.

Dr. James Herbert-Read, seorang ahli biologi di Universitas Cambridge, mengatakan penelitian tersebut menambah bukti bahwa banyak spesies menunjukkan sifat handedness dalam tugas-tugas tertentu.

Dia menyarankan adanya penelitian lebih lanjut untuk mencari tahu secara pasti apakah bias semacam itu memiliki manfaat. (lev)

Baca juga:

Siripnya Sepanjang Manusia, Ini Ukuran Hiu Megalodon Sebenarnya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Starter Pack Fakgirl Jakarta Ketika Pelesiran
Fun
Mendominasi di Emmy Awards, 4 Serial ini Wajib Kamu Tonton
ShowBiz
Mendominasi di Emmy Awards, 4 Serial ini Wajib Kamu Tonton

Netflix menjadi layanan streaming paling banyak mendapatkan nominasi.

Hiu Paus Memiliki Ribuan Gigi Kecil Sekitar Matanya
Fun
Hiu Paus Memiliki Ribuan Gigi Kecil Sekitar Matanya

Ternyata bagian tubuh hiu paus cukup mengerikan.

Anak Tongkrongan Motor Thailook Berban 'Cacing'
Fun
Anak Tongkrongan Motor Thailook Berban 'Cacing'

Ban Cacing tidak direkomendasikan untuk digunakan harian, karena ban tersebut biasanya digunakan hanya untuk kontes modifikasi atau event balap drag race

'Solaris: Offworld Combat' Hadir di PlayStation VR pada 2021
Fun
'Solaris: Offworld Combat' Hadir di PlayStation VR pada 2021

Solaris: Offworld Combat adalah game first-person shooter berbasis VR.

Boeing 747 Maskapai Ini 'Pensiun'
Fun
Boeing 747 Maskapai Ini 'Pensiun'

Produksi Boeing 747 akan dihentikan pada 2022.

Cara Baru Berpetualang di Rumah dengan Peta Dunia Lego
Fun
Cara Baru Berpetualang di Rumah dengan Peta Dunia Lego

Selain digunakan untuk menghabiskan waktu dan menjadi karya seni di rumah, pelancong bisa ...

Boneka Chucky Tebar Teror di TV
ShowBiz
Boneka Chucky Tebar Teror di TV

Akan ditayangkan di USA Network dan Syfy pada akhir 2021.

Floyd Mayweather Keluarkan Rp14,2 miliar Beli Mobil untuk Teman-Temannya
Fun
Kenali 5 Jenis Lapar yang Bisa Kamu Rasakan
Hiburan & Gaya Hidup
Kenali 5 Jenis Lapar yang Bisa Kamu Rasakan

Rasa lapar ternyata bisa dipengaruhi oleh bagian tubuh lain.