berita-singlepost-banner-1
Sirkuit Mandalika Siap Dipakai Tes Pramusim MotoGP Kawasan The Mandalika Nusa Tenggara Barat terus dikembangkan dalam rangka persiapan penyelenggaraan MotoGP 2021 (Foto ANTARA/ Ganet Dirgantoro)
berita-singlepost-banner-2
berita-singlepost-mobile-banner-7

MerahPutih.com - Sirkuit Mandalika siap digunakan pada tes pramusim MotoGP 2021. Demikian disampaikan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) selaku BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata Nusa Dua Bali dan Mandalika Lombok.

"Kami siap dan sangat gembira dapat menjamu tes pramusim MotoGP 2021 seperti yang direncanakan oleh DORNA," kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer di Mataram, Sabtu (19/10), dikutip Antara.

Baca Juga:

Melihat Lebih Dekat Penampakan Sirkuit Mandalika yang Spektakuler

Abdulbar menyatakan pembangunan Sirkuit Mandalika, Lombok akan selesai sesuai jadwal yang ditetapkan, sehingga MotoGP Mandalika dapat masuk kalender balap 2021.

Tampak dekat sirkuit Mandalika dalam video 3D (Foto: motogp.com)
Tampak dekat sirkuit Mandalika dalam video 3D (Foto: motogp.com)

"Saat ini pembangunan Mandalika sirkuit memasuki tahap ground work badan jalan yang telah mencapai 30 persen. Pengaspalan badan jalan akan dimulai pada Desember 2019 sebelum kemudian dilanjutkan dengan upgrading permukaan badan jalan menjadi lintasan balap, sehingga akhir tahun 2020 kami targetkan pembangunan sirkuit dapat selesai, sehingga dapat menjamu tes pramusim 2021, yang diperkirakan berlangsung Februari atau Maret 2021 sebelum musim 2021 dimulai," jelas Abdulbar M Mansoer.

Sirkuit Mandalika yang saat ini tengah dibangun di kawasan pariwisata Mandalika, Lombok, NTB, seperti yang diumumkan oleh Dorna Sports SL (DORNA), pemegang hak siar MotoGP, akan menjadi salah satu lokasi tes pramusim 2021 oleh para riders, jika MotoGP Mandalika masuk ke dalam kalender 2021.

Baca Juga:

Simulasi Gempa Dahsyat NTB: Sirkuit MotoGP Mandalika Habis Tersapu Tsunami

Menurut Abdulbar, tes pramusim 2021 di Lombok dijadwalkan berlangsung selama 3 hari seperti yang diumumkan oleh DORNA dan diperkirakan akan diikuti oleh semua contracted riders, sesuai peraturan FIM World Championship Grand Prix Regulation yang mewajibkan contracted riders untuk mengikuti sejumlah tes resmi yang dijadwalkan oleh penyelenggara MotoGP.

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) didampingi Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer (kanan), Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan (kiri) meninjau pembangunan ''Street Circuit'' Mandalika di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/10/2019). (ANTARA /Ahmad Subaidi/ama). (1)
Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah) didampingi Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer (kanan), Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC Ngurah Wirawan (kiri) meninjau pembangunan ''Street Circuit'' Mandalika di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/10/2019). (ANTARA /Ahmad Subaidi/ama).

"Sejauh ini hanya ada empat tes untuk musim 2021 yang diumumkan oleh DORNA, yaitu satu kali tes pramusim selama 3 hari di Lombok, dua kali tes 1 hari pada hari Senin setelah event balap dan satu kali tes 2 hari masing-masing di sirkuit yang akan ditentukan kemudian," katanya.

Sirkuit Mandalika akan menjadi sirkuit jalan raya pertama di dunia yang dibangun dari tahap konsep. Sirkuit akan memiliki panjang 4,31 km dan 17 tikungan yang dibangun di tengah-tengah kluster sport and entertainment di kawasan pariwisata Mandalika. Sirkuit terbuka ini akan menyajikan pemandangan indah bukit dan pantai, dibangun sebagai atraksi kelas dunia dalam mengembangkan Mandalika sebagai destinasi pariwisata kelas dunia. (*)

Baca Juga:

Kepala Dusun dan Warga Resmi Tersangka Penyerobotan Lahan Sirkut MotoGP Mandalika


berita-singlepost-mobile-banner-3
Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


berita-singlepost-banner-4
berita-singlepost-banner-5
berita-singlepost-banner-6