SIP Online Mempermudah Pengawasan Aktivitas Anak di Sekolah SIP Online dioperasikan melalui platform android. (Foto: Pexels/MOHI SYED)

TEKNOLOGI digital kian hari kian mempermudah kegiatan dalam masyrakat. Salah satunya adalah pengawasan aktivitas anak selama di sekolah. Aplikasi merupakan jawaban dari semua itu. Aplikasi yang dibuat untuk mempermudah orangtua, sekolah dan murid dalam menjalankan aktivitas di sekolah.

Aplikasi yang dinamakan Sistem Informasi Pendidikan (SIP) Online sudah menggunakan platform android ini dapat mudah didownload pada Playstore. Disamping itu juga dioperasikan pada platform website. Tak hanya memonitor segala aktivitas anak di sekolah saja, tapi juga sistem administrasi di sekolah sehingga informasi yang ada sangat transparan.

Untuk mengenalkan aplikasi ini, aplikasi yang dibuat oleh PT Proyek Enam Media ini melakukan sosialisasi bersama Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Jawa Barat.

sip online
Sosialisasi SIP Online di depan PGRI Jabar. (Foto: dok P6ID)

"Dengan aplikasi SIP orangtua bisa memonitor kegiatan anak. Mulai dari absensi masuk dan pulang, telat maupun izin serta nilai yang didapat. Sementara untuk pihak sekolah, disediakan juga web monitoring yang berbasis digital," demikian Direktur PT Proyek Enam Media Wawan Hermawan di depan anggota PGRI Jabar.

Ia juga menjelaskan bahwa output ke orangtua yang diterima berbentuk aplikasi, kalau di sekolah berbentuk website.

"Output itu berbentuk laporan nilai, absensi anak, keuangan di sekolah dan ini lebih ke transparansi,” jelas Wawan lagi.

Untuk mendapatkan layanan aplikasi SIP Online ini tentunya orangtua perlu mendownloadnya dari Playstore. Kemudian mengisi formulir yang disediakan dengan identitas siswa. Kalau memiliki lebih satu anak maka harus meregristasi anak kedua dan seterusnya. Sebab satu data hanya untuk satu siswa.

SIP online
Infrasturktur SIP Online diberikan gratis. (Foto: dok P6ID)



”Cara meregistrasinya cukup masukkan kode sekolah lalu nomor NIS (Nomor Identitas Siswa) anak. Satu aplikasi bisa lebih dari satu anak, tetapi harus betul-betul anaknya karena kalau misalnya saya punya anak dan masukin anak lain itu enggak bisa,” urainya.

Keuntungan bagi sekolah dengan aplikasi ini bukan semata memberikan informasi secara transparan sehingga sekolah memiliki kredibiltas yang tinggi. Pengelola SIP Online memberikan secara gratis pada sekolah sebagai bagian dari kebutuhan infratruktur penunjang aplikasi tersebut. Seperti PC server, mesin absensi dan aplikasi.

Sementara itu, DR Dadang Rachman selaku Kepala Bidang Pendidikan Khusus (PK) – Pendidikan Layanan Khusus (PLK) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, menyambut baik aplikasi tersebut. Terlebih, aplikasi SIP sudah lebih dulu digunakan di Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. (*)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH