Sinyal Politik di Balik Kehadiran Prabowo di Kongres PDIP Karangan bunga dari Prabowo Subianto di Kongres V PDIP di Bali. (ANTARA News/Rangga Pandu Asmara Jingga)

MerahPutih.com - Kehadiran Ketua Umum (Ketum) Gerindra Prabowo Subianto saat pembukaan Kongres V PDIP di Bali memberikan penegasan ke publik komitmen kedua partai itu untuk bersama dalam satu ikatan koalisi.

"Kalau koalisi PDIP-Gerindra ini benar-benar terjadi, maka ke depan, terbangun pula koalisi di DPR-RI, DPRD provinsi hingga kabupaten/kota," kata Pakar komunikasi dari Universitas Negeri Nusa Cendana Kupang Prof Dr ALo Liliweri, dikutip dari Antara, Kamis (8/8).

Baca Juga: Kader PDIP: Hidup Prabowo!


Menurut Alo, jika koalisi PDIP-Gerindra ini terbangun sampai ke daerah, maka akan berdampak pada pertarungan antarpartai di pilkada-pilkada mendatang. Artinya, lanjut dia, program-program dan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJM) Indonesia akan dipengaruhui dua partai politik itu.

"Saat ini bola ada di tangan PDI Perjuangan dan Partai Gerindra, dan ini tentu akan mempengaruhi kekuatan politik di tingkat pusat hingga daerah," tutur pakar komunikasi politik itu.

tari pdip
Penari Pendet menyambut peserta dan tamu Kongres V PDIP di Bali. (ANT)

Alo juga memprediksi kemesraan yang dibangun PDIP dan Gerindra ini juga adalah bagian dari skenario menuju Pilpres 2024. Pada 2024 , lanjut dia, kedua partai politik inilah yang akan menentukan siapa calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung.

Apalagi, kata dia, Megawati sudah pasti tidak maju sebagai capres, maka koalisi kedua partai itu nanti yang akan menentukan RI 1 dan RI 2. Menurut dia, capres yang diusung nantinya akan berhadapan dengan berhadapan dengang koalisi yang akan dibangun Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

"Kalau kita lihat gejala sekarang maka, maka koalisi PDI Perjuangan-Gerindra nantinyaakan berhadapan dengan koalisi Nasdem dan kawan-kawan," tutup profesor ilmu politik itu.

Baca Juga: Kongres V PDIP Secara Khusus Soroti Kebijakan Anggaran dan Legislasi

Hari ini, Prabowo datang ke acara pembukaan Kongres V PDIP yang digelar di Hotel Grand Inna Bali, Kamis (8/8). Dia tiba sekitar pukul 12.35 WITA dan disambut oleh menteri kabinet kerja representasi PDIP yakni Tjahjo Kumolo dan Yasonna Laoly serta Ketua DPP PDIP Bidang Hukum dan HAM Trimedya Pandjaitan.

Prabowo disambut oleh tarian tradisional Bali. Sejumlah kader yang memadati arena kongres menyambut Prabowo. "Hidup Prabowo! Pak Prabowo...Pak Prabowo," teriak para kader PDIP yang memadati area kongres. (*)

Baca Juga: PDIP Larang Kader Cari Sumbangan untuk Kongres Bali



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH