Sinta Wahid Sebut Acara Sahur INTI Ciptakan Kerukunan dan Kedamaian Antar Masyarakat Istri Presiden Republik Indonesia ke-4 Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah Wahid dalam acara Sahur bersama INTI (MP/Rizki Fitrianto)

Merahputih.com - Istri Presiden Republik Indonesia ke-4 Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah Wahid mengatakan acara sahur bersama yang digelar oleh perhimpunan INTI memberikan nilai kerukunan dan perdamaian. Sebab acara itu dihadiri oleh berbagai macam suku dan agama.

"Jadi acara ini saya bersukur dah. Kalau melihat seperti ini Indonesia itu dalam keadaan rukun dan damai dalam kehidupan yg damai bersama semuanya," kata Sinta di RPTRA Kalijodo, Jakarta Utara, Selasa (12/6).

Ia pun menyayangkan rentetetan aksi bom beberapa waktu lalu yang terjadi di Indonesia. Sebab menurut dia, masyarakat yang lain mengibarkan bendera perdamaian dan saling menghormati, namun dengan adanya bom itu telah melunturkan sebuah perbedaan.

"Nengok korban yang bom itu di surabaya kan itu sangat mengenaskan sekali buat negara kita, kita berteriak teriak seperti ini untuk saling mnghormati saling menghargai saling rukun tapi ada juga seperti itu," tuturnya.

Warga saat hadir dalam acara Sahur Bersama INTI di RPTRA Kalijodo, Selasa (12/6) (MP/Rizki Fitrianto)

Ketika disinggungkan apakah acara sosial yakni sahur bersama dapat mewujudkan keberagaman di Indonesia. Menurut dia, hal itu bisa saja terjadi, karena saat ini kerukunan di Indonesia kian hari kian bertambah.

"Menurut saya sangat besar sekali karena kaenakan kerukunan itu kian hari kian bertambah sebetulnya antara lintas agama itu. Tadinya tidak mau ke gereja yang islam sekrang bisa mengucapkan selamat natal, itu juga bisa karena kita tekankan karena kita ini semua nya bersaudara Al-quran pun ayatnya seperti itu kenapa kita mengingkari itu," ungkapnya.

Untuk diketahui, Acara sahur bersama yang digelar Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama dengan istri Presiden Indonesia keempat Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah Wahid di RPTRA Kalijodo, Jakarta Utara, pada Selasa (12/6).

Acara juga dimeriahkan dengan pertunjukkan Barongsai (MP/Rizki Fitrianto)

Acara berbagi ini bukan yang pertama kali digelar INTI Pusat dengan Sinta Wahid pada perayaan bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah. Acara sahur sebelumnya telah digelar di daerah Tegal Jawa Tengah, pada bulan Mei 2018 lalu.

"Hari ini kebetulan di Jakarta dan mengambil tempat di tengah-tengah Jakarta di RPTRA Kalijodo," kata Juru Bicara INTI Lexyndo Hakim, saat ditemui MerahPutih.com di lokasi sahur bersama.

Kegiatan sosial tersebut dihadiri Ketua Umum Perhimpunan INTI Teddy Sugianto, Wakil Ketua Umum INTI Haris Chandra, Sekjen INTI Ulung Rusman, Ketua Panitia Acara Liem Liliany Lontoh, Juru Bicara INTI Lexyndo Hakim.

Warga memenuhi RPTRA Kalijodo, Jakarta Utara (MP/Rizki Fitrianto)

Hadir pula Ketua ICMI Prof. Dr. Jimly Assidiqie, para pengurus Majelis Lintas Agama, Tokoh masyarakat dan warga sekitar Kalijodo, untuk menyemarakan bulan suci Ramadan sekaligus merajut simpul-simpul kemasyarakatan.

Acara 'Sahur Bersama' ini mengajak sekitar 2000 warga sekitar Kalijodo dari status sosial apapun untuk berbagi keberkahan di bulan nan suci.

"Jadi teman-teman INTI bersama ibu Sinta ingin berbagi kepada warga sekitar menikmati sahur ala kadarnya. Mudah mudahan dengan kegiatan di Jakarta ini, mungkin hanya sekali dalam bulan Ramadan 2018, kita dapat memberikan makanan layak dan bisa dinikmati bersama-bersama kita semua," ungkap Lexy. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH