Singapura Temukan Klaster-Klaster Baru COVID-19

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 03 September 2020
Singapura Temukan Klaster-Klaster Baru COVID-19
Pemandangan perahu yang nyaris kosong dekat Merlion Park, di sepanjang Marina Bay, Singapura, Kamis (26/3/2020). (REUTERS/EDGAR SU)

MerahPutih.com - Otoritas kesehatan Singapura mendeteksi klaster-klaster baru COVID-19 di asrama-asrama pekerja asing.

Kebanyakan kasus-kasus di Singapura yang hampir sebanyak 57.000 berasal dari asrama-asrama yang berjubel yang dihuni lebih dari 300.000. Sebagian besar para pekerja Asia Selatan di sektor-sektor seperti konstruksi dan pembuatan kapal.

Baca Juga:

Singapura Pakai Drone untuk Terapkan Social Distancing

Dikutip Antara, otoritas mengumumkan bulan lalu bahwa semua pekerja yang tinggal di asrama telah pulih atau teruji bebas dari COVID-19.

Tapi lebih dua pekan terakhir, klaster-klaster baru muncul. Pada Rabu, kementerian kesehatan mengatakan klaster-klaster terdeteksi di tiga lagi asrama setelah menemukan tautan di antara kasus-kasus.

Ilustrasi. (Foto: MP/Pixabay.com/geralt)
Ilustrasi. (Foto: MP/Pixabay.com/geralt)

Di samping tes usap, Singapura juga melakukan tes serologis di asrama-asrama untuk menentukan apakah beberapa dari kasus ini merupakan infeksi saat ini atau sebelum-sebelumnya.

Di antara 43 kasus baru di asrama yang terjadi Rabu, tes serologis memperlihatkan hasil sedikitnya 23 positif, yang mungkin menunjukkan infeksi sebelumnya.

Baca Juga:

Indonesia dan Singapura Bahas Aturan Perjalanan Bisnis

Meski pada awalnya mendapat pujian internasional dalam menahan persebaran virus, Singapura harus menjalankan karantina wilayah selama dua bulan setelah penularan massal di asrama-asrama. Singapura juga memulai karantina ketat dan menjalankan pengujian untuk asrama-asrama.

Pemerintah akan "bertindak lebih agresif dan lebih dini pada asrama-asrama pekerja migran" andaikan tahu lebih awal mengenai kasus tanpa gejala dan betapa mudahnya infeksi dapat menyebar, kata Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dalam pidato pada Rabu. (*)

Baca Juga:

Bandara YIA Buka Kembali Penerbangan ke Singapura Bulan Depan

#Virus Corona #Singapura
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan