Singapura 1-0 Indonesia: Debut Buruk Bima Sakti Singapura v Indonesia. Foto: @affsuzukicup

MerahPutih.com - Timnas Indonesia kalah tipis 0-1 dari Singapura pada laga perdana Grup B Piala AFF 2018 di National Stadium, Kallang, Jumat (9/11) malam WIB. Kekalahan ini menjadi debut buruk Bima Sakti sebagai pelatih kepala.

Skuat Garuda kesulitan mengembangkan permainan. Tuan rumah nyaris membuka keran gol. Beruntung kiper Indonesia Andritany Ardhiyasa bisa menepis sepakan Ikhsan Fandi.

Pada menit ke-15, giliran Indonesia yang memiliki peluang emas. Berawal dari tusukan Stefano Lilipaly di sisi kanan kotak penalti Singapura, bola mengenai bek The Lions namun hanya menyentuh mistar gawang.

Singapura akhirnya unggul di menit ke-38. Kemelut di depan gawang Indonesia mampu dimaksimalkan dengan baik oleh Harris Harun. Sepakan kerasnya dari dalam kotak penalti gagal dihalau Andritany.

Harris Harun. Foto: @affsuzukicup

Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Babak kedua berjalan lima menit, Singapura hampir membobol gawang Indonesia. Faris Ramli berhadapan satu lawan satu dengan Andritany. Beruntung, bola chip masih membentur mistar gawang.

Febri Hariyadi hampir membobol gawang Timnas Indonesia. Sayang, bola hasil sepakan kaki kanannya melebar di sisi kiri gawang Singapura.

Kemudian, Timnas Indonesia kehilangan I Putu Gede Juni Antara yang dikartu merah wasit karena melakukan protes berlebihan. Timnas Indonesia pun tak bisa menyamakan kedudukan. Skor 1-0 untuk kemenangan Singapura bertahan hingga pertandingan usai.

Singapura v Indonesia. Foto: @affsuzukicup

Kemenangan ini membuat Singapura ada di posisi kedua klasemen sementara Grup B dengan raihan 3 poin, kalah selisih gol dari Thailand yang menang telak 7-0 atas Timor Leste. Sedangkan Timnas Indonesia ada di posisi ketiga dengan belum meraih poin.

Susunan pemain:

Singapura: Hassan Abdullah Sunny; Muhammad Shakir Hamzah, Irfan Fandi Ahmad, Muhammad Safuwan Baharudin; Muhammad Zulqarnaen Suzliman, Muhammad Faris Ramli, Muhammad Tasir Hanapi, Muhammad Izzdin Shafiq Yacob, Harris Harun, Gabriel Quak Yil (Adam Swandi 77'); Ikhsan Fandi Ahmad

Indonesia: Andritany Ardhiyasa; Putu Gede Juniantara, Ricky Fajrin (Fachruddin Aryanto 64'), Hansamu Yama Pranata, Rizky Pora; Evan Dimas Darmono, Zulfiandi, Irfan Jaya (Riko Simanjuntak 46'), Stefano Lilipaly, Febri Hariyadi; Alberto Goncalves.


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH