Sinematografer 'Joker' Ungkap Kelakuan Joaquin Phoenix saat Syuting Akting cemerlang Joaquin Phoenix di 'Joker' membuahkan piala Golden Globe. (foto: us.hola)

KECEMERLANGAN akting Joaquin Phoenix dalam film Joker memang patut dipuji. Phoenix begitu meresapi perannya sebagai Arthur yang kemudian bertransformasi jadi Joker di film besutan Todd Phillips itu. Demi Joker, aktor 45 tahun itu rela menahan lapar agar bisa tampil kurus dan menyedihkan. Tidak mengherankan jika aktingnya diganjar penghargaan Golden Globe, Critic's Choice Award, dan nominasi untuk Academy Award.

Bisa dikatakan tak mudah memerankan Arthur Fleck. Phillips mengakui bahwa karakter Fleck dan Joker yang ia ciptakan sama sekali berbeda dengan apa yang ditempilkan di komik. Ia menyebut Joker versinya ialah interpretasi dirinya atas musuh Batman itu. Meskipun demikian, hal itu berhasil. Baik Phillips maupun Phoenix bersinar di banyak penghargaan.

BACA JUGA: Joaquin Phoenix Jadi Gila Betulan Karena Jadi Joker

Tak hanya sang aktor dan sutradara yang sukses meraih nominasi, sinematografer Lawrence Sher yang terlibat dalam proyek Joker juga dinominasikan untuk Piala Oscar dalam kategori Best Cinematography. Sher yang telah bekerja bersama Todd dalam 5 film lainnya mengungkap bagaimana Phoenix menghidupkan karakter Arthur Fleck.

joker
Menghidupkan karakter Arthur Fleck. (foto: insider)

Seperti dilansir Business Insider, Sher menyebut Phoenix sebagai aktor hebat. Tidak ada orang lain yang bisa melakukan hal seperti dia di dalam set. Hal itu ia ungkapkan saat mengisahkan bagaimana kelakukan Phoenix di lokasi syuting. Meski aktor kelahiran Puerto Riko itu dikenal sebagai pribadi yang sangat suka main-main dan fleksibel, ketika berada di set, Phoenix memusatkan perhatian pada karakternya sebagai Arthur.

Saat hari pertama syuting, mereka merekam adegan pada bagian akhir film. Dalam adegan itu, Arthur duduk di kantor pekerja sosial, tertawa tanpa terkendali. Karakter Arthur memang memiliki kondisi yang menunjukkan reaksi fisik yang tidak cocok dengan keadaan sebanarnya. Ia akan tertawa saat dia marah atau sedih. Sher mengingat merekam adegan tersebut sebagai suatu pemandangan yang intens. "Aku sangat menantikan momen itu," ujarnya.

BACA JUGA: Perankan Joker, Joaquin Phoenix Lakukan Hal Aneh saat Syuting

Semua kru merasa tegang dan jatuh dalam keheningan saat merekam adegan tersebut. "Sutradara Philips memberikan penanda secara pelan, lalu kami saling memandang memberi ekspresi bahwa adegan itu luar biasa," ujar Sher.

joaquin phoenix
Menjadi karakter berbeda ketika memerankan Joker. (foto: philosophy in film)

Setelah pengambilan kedua, Phillips mengatakan kepada Phoenix bahwa itu 'sangat mengagumkan'. Tak disangka, Phoenix bereaksi tidak sesuai atas pujian itu. Alih-alih menikmati pujian itu, bintang film Walk the Line itu justru bergegas keluar dari ruangan tanpa berbicara apa pun. Sher pun menjelaskan bahwa Todd mengaku telah mengacau dengan mengatakan hal tersebut. Ia tidak seharusnya mengatakan kepadanya bahwa itu baik, karena beberapa minggu pertama itu sangat intens.

Di lain waktu, kata Sher, Phoenix mendatanginya dan meminta maaf karena 'bertingkah aneh' saat memerankan Arthur. Ia mengakui bahwa Phoenix akan terlihat 'sombong dan longgar' ketika beralih memerankan karakter Joker.(Nic)



Dwi Astarini