Sindir Kubu Prabowo-Sandi, Sekretaris TKN: Klaim Tanpa Data itu Sama Saja Provokasi Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Hasto Kristiyanto. (Foto: merahputih.com/Fadli)

MerahPutih.Com - Sengkarut saling klaim kemenangan dalam Pilpres 2019 melibatkan dua kubu yang selama ini berkompetisi, TKN Jokowi-Ma'ruf vs BPN Prabowo-Sandi.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf menyebut klaim kemenangan pasangan nomor 01 didasari data dan perhitungan yang valid dan sesui dengan metodologi ilmiah.

Lebih dari itu, Sekretaris TKN, Hasto Kristiyanto menganggap kemenangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019 merupakan fakta yang sulit dibantah. Pasalnya, seluruh data sementara real count KPU dan hasil quick count sejumlah lembaga survei mempertebal keyakinan bahwa Jokowi-Ma'ruf keluar sebagai pemenangnya.

Sementara dari hasil perhitungan internal TKN, Hasto menyebut, dalam tiap pemaparan data, pihaknya juga selalu mengedepankan kepercayaan masyarakat dengan menampilkan transparansi data.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf vs Prabowo-Sandi
Pasangan capres dan cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga. Foto:KPU/Ist

“Kami siap transparansi dan percaya bahwa akuntabilitas suara rakyat harus dihormati dan tidak boleh diklaim pihak mana pun tanpa didukung data,” ujar Hasto kepada wartawan di Jakarta, Selasa (23/4).

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Sekjen PDIP ini menegaskan bahwa PDIP atau TKN memiliki data lengkap yang dapat menunjang fakta tersebut.

Maka, dirinya pun mengimbau pada setiap elite politik untuk tidak bicara tanpa data.

“Kami imbau elite politik jangan klaim secara sepihak tanpa pertanggungjawabkan data dan hasil rekapitulasi," jelas Hasto.

Sebab, klaim data yang sama ini kerap disuarakan kubu 02 terkesan tak mendidik.

"Hal itu sama saja dengan provokasi yang bisa berdampak pada rusaknya upaya membangun kepercayaan pada sistem demokrasi,” pungkas Hasto Kristiyanto.(Knu)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH