Sindir Kubu Prabowo, PKB: Terus Terang Saja Ingin Gabung, Jangan Malu-Malu Kucing Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subiyanto/Foto: Biro Pers Setpres

Merahputih.com - Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding menilai dalam politik di Indonesia bisa terjadi partai di luar pemerintah kemudian bergabung ke pemerintah.

"Kalau mau gabung terus terang saja ingin gabung, jangan malu-malu kucing. Kalau sudah gabung, harus menyamakan sikap dengan pemerintah, jangan masih terus merongrong," ujar Karding di Gedung parlemen, Jakarta, Jumat (5/7).

BACA JUGA: Tawaran Koalisi Kubu Jokowi Strategi Kubur Masa Depan Gerindra di 2024

Meski begitu, Karding mengingatkan agar tidak semua partai bergabung dengan pemerintah. Jika hal itu terjadi, nantinya tidak ada lagi partai oposisi.

"Kalau tidak ada oposisi, tidak elok juga, karena demokrasi tidak berjalan sehat," katanya.

Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subiyanto/Foto: Biro Pers Setpres

Sementara itu, anggota MPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN), Saleh Partaonan Daulay menyatakan, PAN belum memutuskan sikap ingin bergabung dengan pemerintah atau tidak.

BACA JUGA: Koalisi Jokowi-Ma'ruf Tidak Perlu Ada Penambahan Partai

Menurut dia, sebagaimana dikutip Antara, PAN masih akan menyerap aspirasi dari pengurus dan kader di daerah di seluruh Indonesia melalui rapat kerja nasional (Rakernas) yang akan segera diselenggarakan.

"Dari aspirasi kader di daerah, PAN baru akan mengambil sikap, apakah akan bergabung dengan pemerintah atau berada di luar pemerintah," katanya. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH