Sindir Bos-Bos PLN, Jokowi: Bapak-ibu Semua Ini kan Orang Pinter Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani (tengah). (ANTARA/Aji Cakti)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo Jokowi (Jokowi) menyindir kinerja para petinggi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) kenapa sampai bisa terjadi pemadaman listrik selama seharian sejak kemarin.

"Pertanyaan saya bapak ibu semuanya ini kan orang pinter-pinter. apalagi urusan listrik dan sudah bertahun-tahun. Apakah tidak dihitung, apakah tidak dikalkukasi kalau akan ada kejadian-kejadian, sehingga kita tahu sebelumnya," kata Jokowi, saat bertemu jajaran petinggi PLN di kantor pusat PLN, Jakarta Selatan, Senin (5/8).

Baca Juga: Jokowi Semprit PLN: Perusahaan Besar Harusnya Punya 'Back up Plan'

Menurut Jokowi, apa yang terjadi ini merupakan bukti PLN kurang cermat dalam mengantisipasi kejadian. Presiden juga heran kenapa PLN tidak bisa bergerak cepat mengatasi pemadaman yang berlangsung lebih dari 10 jam itu.

"Kita tahu ini tidak hanya merusak reputasi PLN tapi banyak juga hal di luar PLN yang dirugikan," kritik Kepala Negara.

Jokowi
Presiden Jokowi di Kantor PLN Pusat di Jakarta pada Senin (5/8/2019). (ANT/Bayu Prasetyo)

Jokowi juga menyebut banyak pihak yang terkena imbasnya, mulai dari konsumen PLN, pelaku bisnis, hingga sarana dan prasana layanan publik. Untuk itu, dia menuntut PLN dapat memberikan jaminan kejadian serupa tidak terulang lagi di masa depan.

"Pelayanan transportasi umum sangat berbahaya sekali, MRT misalnya. Oleh sebab itu pagi hari ini saya ingin mendengar langsung, tolong disampaikan yang simple-simple saja. Kemudian kalau ada hal yang kurang ya blak-blakan saja, sehingga bisa diselesaikan dan tidak terjadi lagi untuk masa-masa yang akan datang," tukas Kepala Negara.

Baca Juga: Pengusaha Tuntut Tanggung Jawab PLN, Bukan Cuma Sekadar Minta Maaf

Minggu 4 Agustus 2019 kemarin hingga Senin, Lebih dari 10 jam sejumlah wilayah di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan Jawa Tengah mengalami mati lampu. Menurut keterangan resmi dari PLN, pemadaman terjadi akibat Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami gangguan trip, sedangkan Gas Turbin 7 dalam posisi mati (off).

Jakarta
Suasana kawasan Monumen Nasional (Monas) yang terdampak padam listrik di Jakarta, Minggu (4/8/2019). (Foto:ANT)

Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip, sehingga mengakibatkan aliran listrik di wilayah Jabodetabek terputus. "Mohon maaf bapak ibu semua, sehubungan ada trip sisi 500 kV mengakibatkan padam meluas (Jabar, DKI dan Banten)," demikian keterangan PLN yang dirilis kemarin. (Knu)

Baca Juga: Saking Geramnya, Jokowi Sampai Salah Sebut Data Tahun Mati Lampu Terparah


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH