'Simpul Tak Berdaya' Jadi Langkah Awal Swellow Menuju Album Penuh

Febrian AdiFebrian Adi - Jumat, 03 Maret 2023
'Simpul Tak Berdaya' Jadi Langkah Awal Swellow Menuju Album Penuh
Swellow lepas maxi single terbaru. (Foto: Dok/Swellow)

SELEPAS mini album Karet yang rilis di 2021, unit rock asal Bogor Swellow kembali dengan rilisan terbaru berupa maxi-single berjudul Simpul Tak Berdaya. Lagu ini dirilis ebagai pembuka menuju album penuh pertama Swellow yang rencanakan rilis pada Juni 2023.

Sesuai dengan judulnya, maxi-single ini memut dua lagu terbaru berjudul Tak Berdaya dan Simpul, keduanya mengisahkan tentang nasib sial dengan sudut pandang yang berbeda. Nasib sial sendiri akan menjadi benang merah dari keseluruhan cerita dalam album penuh Swellow nanti.

Baca juga:

Cerita Manis Persembahan Swellow di Mini Album ‘Karet’

“Kesiangan, akhir pekan malah ketiduran dan mengulur-ulur pekerjaan. Pengalaman bersama waktu yang kadang sering menjadi masalah,” jelas vokalis Bayu Ramadhan Dwi Azni tentang kisah di balik Tak Berdaya dalam keterangan resmi yang diterima Merah Putih, Rabu (1/3).

Sedangkan untuk lagu Sampul menurut Bayu, terinspirasi dari cerita teman-teman Swellow saat tertimpa sial terus menerus, merasa penyesalan, hingga berkhayal apa yang terjadi bila saja itu semua tidak dialami.

Dari sisi aransemen sendiri, Simpul Tak Berdaya beserta album penuh nanti, mengalami eksplorasi suara di setiap lini instrumennya. Dan akan lebih diniatkan dari mini album sebelumnya.

“Banyak dibantu oleh teman-teman dari menentukan karakter sound, mixing, sampai mastering. Terdapat beberapa sudut pandang lirik dan lapisan sound yang belum pernah kita gunakan sebelumnya. Penggunaan progresi chord pun lebih sederhana namun tetap mewakili karater yang ingin disampaikan,” jelas gitaris Swellow Andi Idam Fauzi.

Baca juga:

Pendewasaan Santamonica dalam Mini Album 'Aquarius'

Sebelumnya pada mini album Karet di 2021, Swellow menghadirkan rangkaian nomor-nomor eceran dari Swellow yang lebih dahulu dilepas. Seperti Gargantua dan Sukar di awal kemunculannya.

“Beberapa materi sudah direkam akhirnya pada 2021 ini kita pilih kembali, menjadi pembukaan yang kiranya bisa merepresentasikan seperti apa wajah Swellow,” tambah Bayu.

Swellow terbentuk pada 2019, beranggotakan Bayu (vokal), Idam (gitar), Afnan Hissan (gitar), Misbahuddin Nika (bas), dan Muhammad ‘Opay’ Fadhli (drum). Masing-masing dari mereka sempat bergabung dengan band Bogor lainnya seperti Reid Voltus, The Kuda, Texpack, Diskoteq, dan Rasvala. (far)

Baca juga:

Penantian Satu Dekade, Crayola Eyes Lepas Album 'Gushing'

#Musik #Musik Indonesia #Musisi Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan