Simpanse di Taman Margasatwa Rusia Diberikan Tontonan Kartun untuk Cegah Depresi Simpanse dapat merasakan kesepian karena lockdown. (Foto: Unsplash/Anthony Rosa)

SIAPA sih yang tidak merasa sedih ketika kesepian? Ternyata kesepian bukan hanya dirasakan oleh manusia, sebagai primati simpanse juga memiliki rasa itu juga. Dampak lockdown tidak hanya merugikan ekonomi, tetapi juga membuat sedih simpanse di taman margasatwa Royev Ruchey, Krasnoyarsk, Rusia.

Kesedihan terjadi karena tidak ada pengunjung ke taman margasatwa itu akibat kebijakan lockdown. Dilansir dari laman dailymail.co.uk, taman margasatwa tersebut memiliki simpanse bernama Tikhon dan Anfisa, keduanya terlihat sedih karena tidak ada pengunjung.

Baca Juga:

Atraksi Hewan Itu Menghibur, Tapi. . .

hewan
Cegah depresi simpanse dengan memberikan tontonan kartun. (Foto: Twitter@edrormba)

Primata yang suka bersosialisasi ini merindukan para pengunjung reguler. Untungnya, pihak taman peka dengan kesedihan dua simpanse itu. Mereka memberikan tontonan kartun kepada kedua simpanse untuk mengatasi kesedihannya.

"Setelah melihat mereka sedih, kami memutuskan untuk memasang televisi di dinding, dan mulai menunjukkan kartun," kata direktur taman Andrey Gorban.

Di antara animasi lainnya, simpanse kembar itu juga telah menonton film animasi The Lion King. Gorban mengatakan bahwa mereka siap menonton kartun yang diberikan tanpa henti.

Baca Juga:

Jangan Sebut Hewan Peliharaan pada Anjing dan Kucing, Mereka Tersinggung!

hewan
Dampak lockdown menerpa primata di Rusia. (Foto: Unsplash/Charles Deluvio)

Mengutip laman guardian.ng, ternyata kedua simpanse itu menyukai aktivitas yang berbeda. Tikhon, simpanse jantan, lebih memilih berbaring di sofa dan mengemil sayuran mentah saat dia menikmati kartun. Sementara simpanse betina, Anfisa, lebih memilih bermain dengan mainan konstruksi anak-anak dan tabung lipstik yang diberikan oleh salah satu staf.

Staf mengatakan mereka memiliki makanan yang cukup untuk simpanse selama lockdown. Makanan favorit mereka sama seperti makanan favorit anak kos akhir bulan, mi. (arb)

Baca Juga:

Bisakah Hewan Peliharaan Terinfeksi COVID-19



Paksi Suryo Raharjo