Cara Menyimpan Sepatu Agar Tidak Cepat Rusak

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 12 Oktober 2022
Cara Menyimpan Sepatu Agar Tidak Cepat Rusak
Cara menyimpan sepatu sangat memengaruhi ketahanan dan warnanya. (Foto: Pexels/Pixabay)

BERPASANG-pasang sepatu menumpuk di lantai maupun rak alas kaki dekat pintu. Pemandangan ini pasti tidak asing lagi bagi kamu yang hobi gonta-ganti sepatu atau sendal tiap kali keluar rumah.

Sayangnya, tidak semua alas kaki itu rutin dipakai. Sering kali hanya beberapa pasang saja yang kerap dipakai saat pergi kerja atau jalan-jalan. Sisanya menumpuk dan terabaikan di sudut rak.

Baca Juga:

Merawat Sepatu Boots Kulit Tidak Perlu Dicuci

Cara menyimpan sepatu yang kurang tepat justru bisa membuat bahannya jadi cepat rusak, kotor, atau bahkan berubah bentuk. Kamu pasti tidak mau dong kalau sepatu kesayanganmu jadi tak dapat digunakan, apalagi di saat-saat penting.

Hindari menyimpan sepatu dengan cara menumpuk agar bentuk sepatu tidak berubah. (Foto: Pexels/Pixabay)

Mengutip dari laman Dmodot, ada sejumlah cara yang bisa kamu terapkan saat hendak menyimpan sepatu tak dipakai, antara lain:

1. Hindari lingkungan lembap

Lingkungan lembap adalah tempat empuk bagi para bakteri untuk tumbuh. Menyimpan sepatumu di tempat seperti ini akan membuat permukaan dan sisi dalamnya berjamur, sehingga cepat rusak dan berubah warna. Maka dari itu, gunakan gel silika atau sumbat pakai koran bekas supaya tingkat kelembapan terjaga.

2. Jangan sampai sepatunya berdebu

Debu yang menempel terlalu lama di sepatu dapat menyebabkan perubahan warna dan membuat sepatu indahmu jadi nampak kusam. Untuk itu, usahakan untuk rutin membersihkan atau mengelap sepatumu sekitar seminggu atau dua minggu sekali supaya senantiasa bersih.

3. Hindari cahaya matahari langsung

Cahaya matahari langsung, terutama di luar ruangan, dapat membuat sepatu mengering. Akibatnya, bentuk sepatu akan jadi mengerut dan warnanya pun pudar. Tak jarang hal ini juga menyebabkan retak di sejumlah sisi. Oleh sebab itu, pastikan kamu menyimpan sepatu di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung.

Baca Juga:

Rekomendasi Sepatu Boots Pria yang Cocok Digunakan Dalam Cuaca Ekstrem

4. Jangan biarkan sepatu saling menumpuk

Terkadang kita membiarkan beberapa pasang sepatu menumpuk satu sama lain karena rak yang sempit. Padahal ini salah. Sepatu yang saling menumpuk bisa mengotori sepatu lainnya serta membuat bentuknya jadi berubah akibat tekanan. Maka dari itu, pastikan kamu memiliki cukup ruang untuk menyimpan semua sepatu.

Meletakkan sepatu di bawah cahaya matahari langsung dapat membuat warnanya memudar dan strukturnya mengerut. (Foto: Pexels/Mansan)

5. Gunakan wadah yang ada sirkulasi udara

Sol sepatu membutuhkan sirkulasi udara untuk menjaga kualitasnya. Oleh sebab itu, hindari menyimpan sepatu di wadah yang kedap udara seperti plastik atau boks karton yang rapat. Gunakan wadah lain seperti kain yang terdapat sirkulasi udara.

6. Pastikan sepatu dalam keadaan bersih

Mirip seperti penjelasan sebelumnya, pastikan sepatumu sudah benar-benar bersih dari berbagai kotoran, debu, tanah, lumpur, dan benda kotor lainnya saat hendak disimpan. Membiarkan kotoran menempel terlalu lama akan membuatnya susah hilang ketika dicuci. (mcl)

Baca Juga:

Ayo Lihat Pilihan Sepatu 'Boots' Kece untuk Melengkapi 'Outfit' Kamu

#Sneakers #Fashion
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan