Kecantikan

Simak Urutan Melakukan Skincare, Jangan Sampai Salah

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Senin, 07 November 2022
Simak Urutan Melakukan Skincare, Jangan Sampai Salah
Skincare sudah menjadi kebiasaan bagi setiap orang. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

BAGI sebagian orang, melakukan perawatan terhadap kulit sudah menjadi rutinitas, baik sebelum tidur atau sebelum beraktivitas. Selain memilih produk yang tepat, urutan memakai skincare setiap harinya perlu dilakukan dengan benar.

Pemilihan dan penggunaan skincare yang tepat tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan kulit. Tetapi mencegah munculnya berbagai masalah kulit, seperti jerawat, noda hitam, dan kulit kusam. Meski begitu, cara pemakaiannya juga perlu diperhatikan agar zat aktif di dalam skincare bisa terserap dengan baik ke dalam kulit.

Mengutip laman Alodokter, sebelum menggunakan produk skincare, pastikan wajahmu dalam kondisi bersih dari minyak, kotoran, dan debu. Kamu bisa mencuci muka terlebih dahulu menggunakan sabun cuci muka. Untuk hasil yang lebih maksimal, cuci wajah minimal dua kali sehari, yakni pagi dan malam hari.

Bisa juga menggunakan teknik double cleasing saat membersihkan wajah. Teknik ini dibagi menjadi dua cara yakni menggunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak. Beberapa produk yang bisa digunakan adalah oil cleanser, make-up remover, micellar water, milk cleanser, atau cleansing balm.

Baca juga:

5 Basic Skincare Ini Wajib Dipakai Remaja

Urutan saat Melakukan Skincare, Jangan Sampai Salah
Cuci menggunakan facial wash. (Foto: Pexels/Ron Lach)


Cara yang kedua yakni mencuci muka menggunakan facial wash atau facial foam. Tahap ini bertujuan untuk membersihkan kotoran, sel-sel kulit mati, dan make-up yang masih tersisa.

Setelah wajah sudah bersih, gunakan toner untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang masih menempel di wajah. Selain itu, penggunaan toner juga bisa mengembalikan pH kulit wajah. Kamu bisa menggunakan kapas dan mengusapnya secara lembut ke seluruh bagian wajah.

Setelah toner, kamu bisa menggunakan serum untuk menutrisi kulit. Sehingga kulit pun tampak lebih sehat. Bahkan, beberapa serum memiliki formula khusus untuk mengatasi berbagi masalah kulit, seperti kerutan, jerawat, dan kulit kering. Kamu bisa menepuk-nepuk wajah secara perlahan setelah menggunakan serum agar dapat menyerap ke dalam kulit dengan sempurna.

Baca juga:

Begini Membedakan Purging dan Break Out Ketika Mencoba 'Skincare' Baru

Urutan saat Melakukan Skincare, Jangan Sampai Salah
Jangan lupa menggunakan serum. (Foto: Pexels/Shiny Diamond)

Kalau kamu punya masalah dengan noda hitam atau bekas jerawat, kamu bisa menggunakan krim penghilang noda hitam setelah menggunakan serum. Kamu bisa memakai produk dengan kandungan sulfur dan asam salisilat untuk mengurangi flek, bahkan mencegah jerawat muncul kembali.

Urutan selanjutnya adalah menggunakakn moisturizer atau pelembap untuk menenangkan dan menjaga kelembapan kulit wajah. Tidak hanya untuk kulit kering, pemakaian pelembap juga diperlukan oleh pemilik kulit berminyak.

Yang tidak kalah penting adalah menggunakan tabir surya, terutama saat beraktivitas di luar rumah. Hal ini karena tabir surya dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari atau sinar UV yang berlebihan. (and)

Baca juga:

4 Skincare Terbaik Dunia Siap Membuat Kamu Cantik Maksimal

#Kecantikan #Perawatan Kulit
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan