Kesehatan

Segudang Manfaat Tersembunyi pada Jogging

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Rabu, 23 Mei 2018
Segudang Manfaat Tersembunyi pada Jogging
Ilustrasi Jogging (Foto: pixabay/satyatiwari)

SALAH satu aktivitas olahraga yang mudah dan murah adalah jogging. Meskipun terkesan murah tapi dilarang menyepelekan olahraga yang satu ini. Jogging ternyata menyimpan berbagai manfaat luar biasa lho guys!

Apalagi untuk kamu yang tak hanya mengutamakan kesehatan melainkan tubuh yang ideal, jogging berguna banget lho guys! Penasaran seperti apa saja manfaatnya? Yuk simak beberapa manfaat jogging yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Membakar Kalori

(foto: pixabay/stocksnap)

Ketika jogging, tubuh mampu membakar sekitar 200 kalori dalam 20 menit. Itu artinya jika dilakukan setiap hari ada sekitar 1400 kalori terbakar dalam kurun waktu selama satu minggu. Jadi bisa kamu bayangkan berapa kalori yang terbakar, jika kamu melakukannya dalam durasi waktu yang lebih panjang misalnya 30 menit atau 1 jam dalam sehari.

2. Menurunkan Berat Badan

(Foto: pixabay/skeeze)

Selain dapat membakar kalori, jogging juga mampu menurunkan kolestrol darah dan juga mengurangi rasa lapar. Dua hal tersebut tentunya akan sangat berpengaruh pada turunnya berat badan.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

(Foto: pixabay/free-photos)

Jogging bisa jadi bukan olahraga prestasi seperti olahraga lari lainnya. Namun jogging termasuk kelompok olahraga kardio. Ini berarti kardio kamu akan menjadi lebih baik. Metabolisme tubuh akan meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan jalan santai.

4. Mengurangi Stress

(Foto: pixabay/free-photos)

Selain dapat membakar kalori, menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Jogging juga bisa membantu mengatasi tingkat stres. Jogging akan memberikan rasa tenang dan juga memproduksi hormon bahagia dalam pikiran kita.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

(Foto: pixabay/stocksnap)

Manfaat jogging yang lainnya yaitu membantu mengurangi berbagai risiko yang terkait dengan berbagai penyakit. Salah satunya yaitu penyakit jantung, karena jogging dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil dan menjaga kesehatan jantung kamu.

6. Mencegah Risiko Kanker

(foto: pixabay/pexels)

Para pakar setuju jika jogging dapat membantu pencegahan beberapa jenis kanker. Ini dikaitkan dengan oksigenasi yang lebih baik ke seluruh tubuh ketika melakukan jogging. Selain itu jogging juga dapat meningkatkan suplai oksigen ke seluruh tubuh yang tentunya bisa membantu mencegah beberapa jens kanker.

7. Mencegah dan Mengontrol Diabetes

(Foto: pixabay/stocksnap)

Jogging ternyata dapat membantu mengontrol dan mencegah diabetes. Karena gaya hidup yang tidak sehat dan berat badan berlebih telah terbukti secara langsung dapat meningkatkan resiko diabetes. Nah, hal itu dapat dicegah dengan kamu melakukan jogging dan menerapkan gaya hidup sehat dengan konsisten.

8. Menjaga Kesehatan Mental

(Foto: pixabay/skeeze)

Jogging juga memiliki manfaat bagi kesehatan mental kamu. Hal ini terkait dengan memberikan rasa percaya diri dan harga diri yang lebih baik. Lalu dengan melakukan jogging dapat membantu melepaskan hormon endorfin yang merupakan senyawa kimia pemicu perasaan senang, tentang dan bahagia.

9. Tulang Lebih Kuat

(Foto: pixabay/holiho)

Dengan jogging dapat merangsang peningkatan kepadatan mineral tulang. Jelas menjadikan tulang lebih kuatt serta menurunkan risiko terjadinya tulang retak, patah dan juga bengkok. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Tips Aman Belanja Online untuk Millennials

#Olahraga Jogging #Olahraga Lari
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan