Simak, Ini Kantong Parkir dan Rekayasa Lalu Lintas Wayang Jogja Night Tugu Yogyakarta. (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com - Karnaval Wayang Jogja Night akan digelar pada Sabtu (7/10) di sekitar Tugu Yogyakarta. Sejumlah ruas jalan akan ditutup dan rekayasa lalu lintas akan diterapkan di kawasan sekitar Tugu Yogyakarta.

Kasat Lantas Polsek Kota Yogyakarta Kompol Dwi Prasetyo menjelaskan sejumlah ruas jalan yang menuju Tugu Yogyakarta akan ditutup. Penutupan dilakukan sejak pukul 17.30 sampai 22.00 WIB.

Dwi menjelaskan jalanan yang ditutup adalah Jalan Jendral Sudirman dari pertigaan McDonald's, Jalan Sabirin Kota Baru, Jalan AM Sangaji dari perempatan Jetis.

"Jalan Jendral Sudirman kami tutup satu sisi, yakni sisi selatan. Sisi utara kami buka. Tapi kami utamakan itu untuk kendaraan dari arah barat ke timur yakni dari arah Tugu Yogyakarta menuju Gramedia," ujar Dwi kepada merahputih.com melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Jumat (6/10).

Sementara pengendara dari Gramedia, Jalan Jenderal Sudirman, yang menuju ke Tugu Yogyakarta akan diputarkan ke Jalan Sabirin Baru. Selain itu pengendara dari perempatan Pingit menuju Tugu Pal Putih hanya bisa melintas hingga belokan jalan Asem Gede.

Kantong parkir peserta akan disiapkan di lapangan sebelah McDonald's, sirip gang Jalan AM Sangaji.

"Bagi para undangan diperbolehkan untuk parkir di gedung perkantoran di sekitar Tugu Yogyakarta. Kalau kantong parkir untuk tamu VIP akan diletakkan di sebelah selatan Jalan Diponegoro," katanya.

Ia berharap agar wisatawan atau warga tidak melintasi Tugu Yogyakarta, kecuali hendak menyaksikan parade wayang. Diperkirakan ada sekitar 1.200 orang yang terlibat dalam Karnaval Wayang esok hari.

Karnaval Wayang akan dimulai dari Jalan Jendral Sudirman di pertigaan McDonald's, menuju ke Jembatan Gondolayu kemudian ke arah Tugu Yogyakarta dan finis di Jalan Mangkubumi sisi utara. Sebuah panggung mini akan didirikan di selatan Tugu Yogyakarta untuk menyaksikan acara ini. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Terapi Wayang Potehi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH