Simak Cuaca Yogyakarta sampai Dua Hari ke Depan Petugas tengah mengamati monitor prakiraan cuaca di gedung pusat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Jakarta (Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daerah Istimewa Yogyakarta memprediksi curah hujan di Yogyakarta akan berkurang dalam dua hingga tiga hari ke depan.

Menurut Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Mlati BMKG DIY Djoko Budiyono, cuaca di Yogyakarta diprediksi berawan hingga hujan ringan.

"Berawan atau potensi munculnya hujan hanya kategori ringan saja," kata Djoko kepada merahputih.com di Yogyakarta, Rabu (13/02).

Djoko menjelaskan kondisi ini dipengaruhi munculnya tekanan tinggi (high pressure) di selatan Jawa. Akibatnya terjadi pola angin netral di sebagian Jawa.

"Pembentukan awan-awan hujan di Yogyakarta jadi berkurang," kata Djoko.

Namun, setelah dua hari ke depan, Djoko menyebutkan kondisi kembali seperti semula. "Hujan akan kembali berpotensi muncul di beberapa tempat," katanya.

Potensi hujan sedang hingga lebat masih berpeluang muncul di wilayah DIY hingga akhir Februari. Hal ini disebabkan dinamika atmosfer dan laut masih sangat mendukung bagi pertumbuhan awan awan hujan.

Sementara, tinggi gelombang di pantai selatan diperkirakan 1,5 meter hingga 2,0 meter. "Bencana banjir, tanah longsor, angin kencang, dan petir masih berpeluang terjadi di seluruh wilayah DIY," katanya.

Masyarakat dan wisatawan diimbau untuk bersiap diri menghadapi bencana hidrometrologi tersebut. (Ter)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH