Simak Aturan Nonton MotoGP di Sirkuit Mandalika

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 11 Februari 2022
Simak Aturan Nonton MotoGP di Sirkuit Mandalika
Para pembalap MotoGP sedang melakukan tes pramusim MotoGP Mandalika. (Foto: Instagram/88jorgemartin)

KAMU mungkin salah satu orang yang akan berangkat ke Lombok untuk menyaksikan gelaran MotoGP 2022. Untuk itu, kamu harus mengetahui sejumlah aturan terkait dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika.

"Hal ini sebagai bentuk pencegahan dan pengendalian yang harus dilakukan oleh seluruh pihak agar acara internasional ini dapat berlangsung dengan baik," kata Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Safrizal ZA, mengutip laman ANTARA, Selasa (8/2).

Seperti yang diketahui, gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat akan digelar pada 20 Maret 2022. MotoGP Mandalika merupakan seri kedua di MotoGP 2022 dan dipastikan akan digelar meski COVID-19 tengah melonjak akibat munculnya varian Omicron.

Pemerintah telah mengeluarkan aturan penyelenggaraan MotoGP Mandalika dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 08 Tahun 2022. Aturan tersebut berlaku hingga 22 Maret 2022 dengan tujuan agar gelaran tersebut tidak menjadi klaster penyebaran COVID-19. Penonton dminta mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan selama gelaran tersebut.

Baca juga:

Kearifan Lokal Pembalap MotoGP di Mandalika, Sampai Bingung Ada Bensin Eceran

Simak Aturan Nonton MotoGP di Sirkuit Mandalika
Aturan menonton MotoGP Mandalika. (Foto: Instagram/bolaskorcom))

Jumlah penonton kurang lebih dari 100 ribu orang dan untuk kelas festival maksimal 10 persen jumlah penonton. Penonton dari luar Lombok juga diwajibkan telah divaksin dosis kedua serta membawa hasil negatif PCR swab test H-1. Sedangkan yang datang dari Lombok wajibi menunjukkan hasil negatif PCR 2x24 jam atau antigen 1x24 jam. Selain itu, dilakukan skrining dengan mengoptimalkan penggunana aplikasi PeduliLindungi.

Kewajiban PCR dan vaksin dosis kedua tidak hanya diwajibkan untuk penonton saja, tapi juga seluruh pembalap, kru, dan official. Nantinya, penoton yang ditemukan positif COVID-19 tidak diizinkan memasuki lokasi dan harus menjalani isolasi.

Baca juga:

Pujian dan Kritikan Scott Redding untuk Sirkuit Mandalika

Simak Aturan Nonton MotoGP di Sirkuit Mandalika
Demi mencegah penyebaran COVID-19. (Foto: Instagram/bolaskorcom)


Dalam aturan tersebut, pemerintah daerah juga wajib membentuk satgas penanganan COVID-19, melakukan skrining lewat PeduliLindungi, menyiapkan fasilitas kesehatan, dan mengaktifkan posko penanganan COVID-19 di tingkat provinsi hingga tingkat RT/RW. Pemda juga wajib mengawasi dan menegakkan protokol kesehatan secara ketat terhadap penonton, salah satu caranya dengan tidak menyelenggarakan nonton bareng di luar sirkuit.

Selain itu, President Director Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Cahyadi Wanda menekankan agar penonton membeli tiket melalui jalur resmi yang ditentukan. Bagi warga negara asing, diwajibkan untuk menunjukkan sertifikat vaksin serta hasil tes PCR/antigen sesuai dengan prosedur yang dikirim melalui email terdaftar.

Sebelumnya, MGPA telah menyiapkan solusi skema bundling tiket, penambahan alternatif akomodasi, dan penerbangan dari atau menuju ke The Mandalika guna menjawab keraguan akomodasi dalam ajang MotoGP Mandalika tersebut. (and)

Baca juga:

Jelang MotoGP Mandalika 2022, Cek Rekomendasi Hotel Dekat Sirkuit Mandalika

#MotoGP #Sirkuit Mandalika
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan