Silat Mematikan juga Sarat Makna

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 18 September 2016
Silat Mematikan juga Sarat Makna
Atraksi Pencak Silat

Merahputih Budaya- Silat memiliki keunikan tersendiri dibandikan aliran beladiri lainnya. Hampir setiap perguruan memiliki ciri khas masing-masing. Tak sedikit pula aliran silat yang memiliki gerakan indah seperti tarian.

Namun, dibalik gerakan-gerakan khas tersebut ternyata menyimpan sesuatu yang dapat mematikan lawan. Hal ini diutarakan praktisi ilmu beladiri silat, Rama Wijaya dalam workshop bertema 'Mengenal Keunikan Beladiri Tradisional' di Daerah Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Sabtu (17/9).

Ia mengatakan setiap gerakan sekecil apapun yang ada pada silat memiliki fungsinya masing-masing. Hanya saja gerakan tersebut belum tentu dimengerti oleh orang yang belajar silat.

Pengajar Perguruan Silat Beksi Haji Hasbullah, Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. (Foto: MerahPutih/Muchammad Yani)

"Jadi gerakan hentakan kaki aja di Beksi misalnya, itu punya fungsinya. itu (gerakan hentakan kaki) berfungsi untuk mengkonsentrasikan tenaga ke bawah tubuh," ucapnya sambil mempraktekan gerakan tersebut.

Pria yang mempelajari ilmu beladiri Margaluyu dan Sabandar ini juga menjelaskan, gerakan silat sangat cocok untuk masyarakat Indonesia yang memiliki tubuh kecil dibandingkan orang Barat. Alhasil sangat disayangkan bila ada orang Indonesia yang belajar beladiri luar.

"Perbedaan orang Barat dan orang Timur itu jelas terlihat. Orang Barat itu postur tubuhnya lebih tinggi, jadi tenaga atas lebih besar dibandingkan tenaga bawah begitu sebaliknya," kata Rama.(Yni)

BACA JUGA:

  1. Puluhan Siswa SMP Berguru ke Padepokan Seni Bagong
  2. Padepokan Seni Bagong Adakan Ruang Seni Rupa "Mangan Ora Mangan Kumpul?"
  3. Ini Acara Seni Terdekat di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
  4. Padepokan Seni Bagong Kumpulkan Seniman Se-Indonesia melalui Talirasa Nusantara
  5. Padepokan Seni Bagong Kussudiardja Kembali Adakan Beasiswa Seniman

 

#Perguruan Silat Misar Siban #Pencak Silat Indonesia #Pencak Silat
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan