Silahkan Didebat Tapi Inilah Biji Kopi Terbaik di Dunia Kopi adalah kenikmatan yang tiada taranya dan berasal dari berbagai wilayah. (Foto: hejcoffee)

BIJI kopi terbaik akan menghasilkan kopi terenak, meskipun masih melibatkan banyak faktor untuk dapat dikatakan enak. Kenikmatan secangkir kopi memang berasal dari biji kopi terbaik. Tak bisa disangkal dari banyak sumber biji kopi, hanya beberapa yang dapat dikatakan terbaik. Tentunya kebanyakan berasal dari wilayah yang dari dulu terkenal sebagai penghasil biji kopi terenak.

Secara umum biji kopi terbagi dalam dua kategori besar yakni arabika dan robusta. Keduanya memiliki penggemarnya masing-masing. Meskipun berasal dari dua jenis biji kopi yang sama, namun biasanya memiliki aroma dan rasa yang berbeda. Wilayah asal biji kopi tersebutlah yang kemudian membuatnya berbeda. Laman lifehack membeberkan beberapa biji kopi yang pantas untuk dinikmati penggemar kopi.


Kopi Sumatera

Kelezatan kopi Sumatera sudah tersebar ke seluruh dunia. Popularitasnya sebagai jenis kopi robusta mendapatkan penggemar yang sangat luas. Bagi gerai kopi terkenal berkelas internasional pasti memasukan biji kopi Sumatera dalam stoknya. Kenikmatan dari kopi yang disangrai ini menghasilkan rasa yang pekat dan berminyak.

Kopi Luwak

Hasil dari keunikan pematangan biji kopi di perut luwak menghasilkan kopi yang sangat mahal di dunia. Rasanya yang tebal dan kenikmatan di lidah yang tidak hilang, menjadikan kopi ini harus masuk dalam stok penggemar kopi.

Kopi Blue Mountain

Kopi Blue Mountain dari Jamaika ini memiliki rasa pahit yang tipis. Meskipun pada awalnya biji kopi ini dijual dengan harga mahal. Namun seiring dengan waktu harganya pun semakin turun. Ini termasuk jenis kopi yang layak untuk dinikmati.


Kopi Ethiopia

Kopi Ethiopia merupakan biji kopi arabika, meskipun demikian tak pernah melintas sekalipun Afrika dapat memghasilkan biji kopi yang pantas untuk dinikmati. Kopi Ethiopia lumayan keras dan aroma yang wangi.


Kopi Geisha

Mungkin kedengarannya asing bagi sebagian orang. Biji kopi ini berasal dari Panama yang ditanam dinegara itu sejak tahun 1960-an. Biji kopi Geisha sangat jarang dan sulit ditanam. Bisa jadi karena inilah kopi Geisha memiliki penggemarnya sendiri. (psr)



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH