Siklus Haid Tidak Normal Indikasi Kondisi Kesehatan Serius Haid tidak normal tanda kemunculan penyakit (Foto: Pixabay/Silvia Rita)

PERIODE menstruasi normalnya hanya berlangsung 4-7 hari. Sementara untuk siklusnya sendiri terjadi selama 28-35 hari. Di luar dari itu mentruasi bisa dianggap tidak normal. Meskipun tubuh perempuan dan organ reproduksinya berbeda-beda tiap orang, tetapi ada penyakit tertentu yang membuat siklus tersebut keluar dari jalurnya.

Melansir dari my.clevelandclinic.org, ada berbagai jenis penyakit yang menyerang organ reproduksi. Indikasinya mudah dikenali karena sudah pasti membuat siklus menstruasi menjadi kacau. Tetapi sayangnya belum banyak orang yang waspada. Perhitungan siklus menstruasi masih jarang dibicarakan di tengah masyarakat. Pada akhirnya penyakit terlambat untuk diobati. Simak ulasannya!

Baca juga:

Penggunaan Antibiotik Sebabkan Kecacatan

1. PCOS

Siklus Haid Tidak Normal Indikasi Kondisi Kesehatan Serius
Pcos menyebabkan kesulitan hamil. (Foto: Pixabay/DigitalMarketingAgency)

Disebabkan oleh hormon androgen yang terlalu banyak sehingga indung telur memproduksi banyak kantung-kantung berisi cairan.

Akibatnya sel telur tumbuh secara tidak normal dan tidak bisa berkembang. Perempuan yang mengalami PCOS akan kesulitan untuk hamil karena sel sperma tidak bisa tumbuh di dalam rahim.

2. Endometriosis

Siklus Haid Tidak Normal Indikasi Kondisi Kesehatan Serius
Penebalan lapisan di luar dinding rahim. (Foto: Pixabay/LJNovaScotia)

Endometriosis adalah kondisi di mana jaringan pembentuk lapisan dinding rahim malah tumbuh di luar rahim. Akibatnya sel telur yang terlepas tidak akan menempel pada dinding rahim di masa subur. Sebelum masa menstruasi terjadi, dinding rahim akan menebal sebagai persiapan jabang bayi.

Pada kondisi endometriosis, lapisan dinding di luar rahim akan ikut menebal tetapi tidak luruh setiap bulannya. Penderita endometriosis akan mengalami nyeri di sekitar perut bagian bawah serta kesakitan saat buang air kecil dan besar.

Baca juga:

Mau Gigi Seputih Salju? Pakai Cara Ini

3. Kanker

Siklus Haid Tidak Normal Indikasi Kondisi Kesehatan Serius
Pertumbuhan sel kanker dalam rahim bisa membuat siklus menstruasi kacau. (Foto: Pinterest/mutluvesaglikli.com)

Banyak perempuan yang tidak menyadari partumbuhan sel kanker dalam rahim. Biasanya baru terdeteksi ketika sudah mencapai stadium tinggi.

Padahal pertumbuhan sel kanker dalam rahim bisa terdeteksi dini dari siklus menstruasi. Jika siklusnya mulai kacau, kamu wajib periksa kondisi rahim ke dokter kandungan.

4. Menopause

Siklus Haid Tidak Normal Indikasi Kondisi Kesehatan Serius
Menopause bisa terjadi di usia muda. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Menopause tidak hanya menyerang perempuan usia lanjut. Dalam beberapa kasus, anak muda juga bisa terkena menopause. Gejalanya dimulai dari melonggarnya siklus menstruasi sampai berbulan-bulan bahkan hingga tahunan. Dalam kondisi ini kehamilan sulit dicapai jika tidak dibantu terapi khusus. (mar)

Baca juga:

Susu vs Yogurt, Manakah yang Lebih Sehat?


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH