Telusur Elok Aceh

Sie Itek, Olahan Bebek dengan 20 Rempah khas Aceh

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 27 Juli 2018
Sie Itek, Olahan Bebek dengan 20 Rempah khas Aceh
Sie itek nan lezat. (foto: plukme)

SAAT berkunjung ke Aceh, kamu akan menemukan banyak keude bu atau kedai nasi yang menyajikan sie itek. Secara harfiah, sie itek berarti kuah bebek. Tampilan masakan ini mirip dengan kari.

Umumnya, gulai sie itek hadir dalam dua varian yaitu : masak meurah dan masak puteh ( meubleng ). Sie itek masak meurah berkuah merah, karena salah satu bumbu utamanya ialah cabai merah. Sementara itu, sie itek masak puteh lebih mirip masakan opor. Warnanya pucat, dan tidak pedas. Beberapa orang menyebut sie itek masak puteh ini dengan masakan kurma. Mungkin karena rasanya yang tidakk pedas dan lebih gurih karena ada tambahan kemiri.

Kuah kari yang melumuri daging bebek terasa sangat gurih. Itu didapat dari teknik masak merebus perlahan sehingga santannya benar-benar mengental. Selain itu, masakan ini menggunakan kelapa gongseng, kelapa parut sangrai yang kemudian ditumbuk hingga berminyak. Yang pasti, rasa gurih sie itek didapat dari penggunaan 12-20 rempah yang digunakan saat memasak.

Bebek yang akan dimasak diikat daun pandan. (foto: amoretti)

Daun temurui (daun kari atau salam koja) dan daun pandan yang dipakai mengikat setiap potong bebek yang dimasak menghasilkan aroma khas. Rempah harum lain yang di pakai ialah ketumbar dan jintan. Ada dua jenis jintan yang dipakai dalam masakan ini, yaitu: jintan (cumin) dan jira ikan (fanel atau adas manis). Jira ikan merupakan jenis jintan yang sering dipakai untuk memasak ikan guna menghilangkan aroma amis atau anyir.

Wah, makin penasaran ya dengan kelezatannya. Yuk, coba masak si itek di rumah dengan resep dari Infokuliner berikut.

RESEP SIE ITEK

BAHAN-BAHAN

1 ekor itik ( bebek ) (bisa diganti ayam)
25 gram kelapa gongseng
1 gelas santan kental
Sedikit minyak untuk menumis


BUMBU

50 gram ketumbar
1 sdm lada putih (merica)
3 sdm jintan
1 sdm jintan ikan
6 butir kapulaga putih
3 butir bunga lawang keeling (pekak)
1 butir biji pala
3 siung bawang merah
5 siung bawang putih
10 cabai merah kering
1 kelingking kayu manis
1 kelingking kunyit
1 kelingking jahe
5 butir kemiri
1 batang sereh
1 genggam daun temurui
5 lembar daun pandan
Garam secukupnya


CARA MEMASAK


1. Cuci bebek (atau ayam) dan potong–potong . Lebih baik lagi bebek utuh di panggang sedikit agar lemaknya menetes keluar, baru dipotong. Ikat potongan bebek dengan daun pandan.

2. Kecuali serai, kayu manis dan daun temurui, semua bumbu ditumbuk dan dihaluskan.

3. Tumis bumbu halus sampai matang, masukan potongan bebek. Tambahkan santan hingga semua potongan bebek terendam. Masukkan serai, kayu manis, dan daun temurui.

4. Masak dengan api kecil sampai matang dan dagingnya empuk. Untuk memasak sie itek masak puteh, jangan pakai cabai kering atau mericca, dan tambahkan 5 butir kemiri lagi.(*)

#Telusur Elok Aceh #Kuliner Aceh
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan