Sidang Perdana Vanessa Angel Jadi Perhatian Para Napi Vanessa Angel saat menjalani sidang perdana di PN Surabaya, Jawa Timur, Rabu (24/4) (MP/Budi Lentera)

MerahPutih.Com - Sidang perdana penyebaran foto dan video asusila dengan terdakwa aktris film, Vanessa Angelia Adzan alias Vanessa Angel hari ini digelar di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur.

Di persidangan, Vanessa tampak seksama mendengarkan surat dakwaan yang dibacakan jaksa penuntut umum, Nur Laila. Namun, sesekali tangan Vanessa mengusap matanya yang mulai berkaca-kaca.

Dalam berkas dibacakan Jaksa Penuntut Umum, Vanessa didakwa jaksa dengan Pasal 27 ayat (1) juncto Pasal 45 ayat (1) Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronika tentang mentransmisikan dan mendistribusikan foto asusila yang dapat diakses melalui alat elektronik dengan ancaman 6 tahun penjara.

Vanessa Angel jalani sidang perdana kasus prostitusi online di Surabaya
Vanessa Angel jalani sidang perdana prostitusi online di PN Surabaya, Rabu (24/4) (MP/Budi Lentera)

"Jadi penyebaran foto dan video ini yang kita dakwakan. Kalau soal prostitusinya, kita belum mengarah ke situ." kata Nur Laila, di PN Surabaya, Jatim, Rabu, (24/4).

Sementara kuasa hukum Vanessa Angel, Abdul Malik mengatakan jika dakwaan jaksa banyak kejanggalan. Apalagi, dalam dakwaan tersebut, juga menyebut nama Rian, selaku orang yang memboking vanessa dalam prostitusi online.

"Pada kenyataannya hingga kini, jaksa dan polisi belum bisa menghadirkan Rian. Rian jangan dibuat status DPO. Harus dihadirkan nanti." kata Abdul Malik.

Abdul Malik juga mengatakan, pihaknya akan mengajukan surat penangguhan penahanan atas nama kliennya, karena kondisi kesehatan Vanessa yang memiliki riwayat sakit sinusitis dan gangguan lambung dan alasan kemanusiaan.

Vanessa Angel sesaat memasuki ruang sidang diserbu para napi
Sesaat sebelum memasuki ruang sidang Vanessa Angel diserbu napi lain untuk melihatnya dari dekat (MP/Budi Lentera)

Dalam surat permohonan penangguhan penahanan dilampirkan juga penjaminnya.

"Penjaminnya ini, adik dari ibu Vanessa," kata Abdul Malik.

Sementara sidang Vanessa Angel memang menyita perhatian pengujung pengadilan negeri Surabaya. Bahkan para napi lainya yang masih menunggu sidangnya masing-masing di ruang tahanan pengadilan, sesekali juga menghadapkan tubuh dan matanya ke tempat Vanessa Angel berada.

Vanessa terjerat masalah hukum setelah digerebek petugas Polda Jatim, di Hotel Vasa Surabaya pada 5 Januari 2019 lalu, karena melayani jasa prostitusi online.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Budi Lentera, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Surabaya dan sekitaranya.

Kredit : budilentera


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH