Sidang Perdana Setya Novanto Bakal Digelar Pekan Depan Ketua DPR Setya Novanto bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (23/11). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

MerahPutih.com - Sidang perdana Ketua DPR Setya Novanto dalam perkara dugaan korupsi pengadaan e-KTP akan digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta pada 13 Desember 2017 atau sehari sebelum putusan praperadilan yang diajukan Setnov.

"‎Sudah ditetapkan yaitu Rabu depan tanggal 13 desember 2017. Jam 09.00 WIB," ujar pejabat Humas Pengadilan Tipikor Jakarta, Ibnu Basuki Widodo di kantornya, Kamis (7/12).

Ibnu menjelaskan, susunan majelis hakim yang akan menangani perkara korupsi yang ditaksir merugikan negara sebesar Rp 2,3 triliun itu pun telah ditetapkan. Sidang perdana Setnov tersebut akan dipimpin oleh Hakim Yanto yang juga menjabat Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

"‎Majelisnya, yaitu bapak Dr Yanto, ketua pengadilan karena Hakim Jhon Halasan mutasi ke Pontianak. Selanjutnya hakim anggota Frangky Tambuwun, Emilia Djasasubagja, Dr Anwar, Ansyori Syaifudin," jelas Ibnu.

Menurut Ibnu, komposisi majelis hakim hampir sama dengan persidangan untuk terdakwa e-KTP sebelumnya. Pasalnya, untuk perkara yang sama, memang lebih diutamakan hakim ‎yang ditunjuk adalah hakim yang telah menangani perkara sebelumnya.

"‎Karena beliau sudah lebih menguasai. Kecuali ada alasan-alasa khusus seperti Pak Jhon halasan yang diangkat sebagai hakim tinggi di pontianak, maka digantilah sama ketua pengadilan. Jadi tidak ada perubahan pada hakim anggota," pungkasnya.

Diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melimpahkan berkas perkara tersangka kasus dugaan korupsi proyek e-KTP, Setya Novanto, ke Pengadilan Tipikor, Jakarta, pada Rabu (7/12) kemarin. (Pon)

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH