Sidak ke Stasiun Tanah Abang, Kapolda Metro Soroti Kerumunan Antrian Penumpang Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana melakukan inspeksi mendadak ke Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat (MP/Kanugraha)

Merahputih.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana melakukan inspeksi mendadak ke Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dalam kunjungannya, Nana menyoroti protokol kesehatan di stasiun yang padat saat jam pulang kantor.

"Saat ini kita sama melihat bahwa di KRL ini cukup padat. Dari beberapa keterangan dari kepala daerah operasi khususnya di Jakarta ini untuk stasiun Tanah Abang pada masa normal itu sampai 120 ribu pengunjung yang datang dan pergi," kata Nana di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (27/8).

Baca Juga

50 Persen Lebih Kasus COVID-19 di Indonesia Disumbang 20 Kota Besar

Kerumunan memang terjadi saat antrean penumpang mengular sampai 100 meter. Dalam hal ini dari anggota sudah menyampaikan kepada masyarakat untuk menjaga jarak.

"Dan kita liat jangan sampai masyarakat kita ini juga ada yang tidak memakai masker. Yang tak pakai masker akan kita kasih teguran kemudian kita dalam rangka melayani masyarakat kita siapkan anggota untuk selalu membawa masker dan diberikan ke masyarakat khsuusnya yang tidak bawa masker," sebut Nana.

Nana pun memastikan, warga yang tak disiplin bakal disanksi dan diberikan imbauan. "Jadi kita lebih mengutamakan upaya persuasif komunikatip kepada masyarakat supaya masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan," tambah Nana.

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana melakukan inspeksi mendadak ke Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat (MP/Kanugraha)

Polda Metro Jaya menyiapkan 5 ribu masker yang dibagikan gratis kepada masyarakat yang beraktivitas di sekitar Stasiun Tanah Abang.

Ia menyebut, langkah ini dilakukan sebagai implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Protokol Kesehatan dalam Pencegahan COVID-19.

Perkembangan kasus COVID-19 di wilayah hukum Polda Metro Jaya masih cukup tinggi. Untuk itu, Polda Metro Jaya melakukan langkah-langkah antisipasi untuk menekan angka kasus salah satunya lewat sosialisasi dan pengawasan protokol kesehatan.

"Ke depan akan kita masifkan penerapan protokol kesehatan dengan melalukan pengawasan," kata Nana.

Baca Juga

Sejak Maret, Pasien Sembuh COVID-19 di RSD Wisma Atlet Lebih dari 9.000 Orang

Ia memastikan Polisi diperkuat mendisiplinkan protokol kesehatan di masyarakat, agar kondisi bangsa Indonesia segera pulih, terutama sektor perekonomian.

Petugas Polisi membawa papan berisikan pesan protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan sepanjang Agustus 2020 ini Kapolda Metro Jaya rutin membagikan masker di sejumlah wilayah. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH