Sidak di Hotel Sari Pan Pacific, Anies: Banyak yang Tak Sesuai Ketentuan

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Senin, 12 Maret 2018
Sidak di Hotel Sari Pan Pacific, Anies: Banyak yang Tak Sesuai Ketentuan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, pada Senin (12/3). Sidak ini dimaksudkan untuk meninjau instalasi pengelolaan limbah dan air tanah di hotel tersebut.

"Di sini terlihat banyak sekali ketentuan-ketentuan bahkan ketentuan perundangan yang tidak ditaati," ujar Anies di lokasi.

Itu sebabnya, kata Anies, Pemprov DKI melakukan sidak ke gedung-gedung tinggi di Jakarta, karena dari kerusakan lingkungan hidup efeknya yang terjadi amat besar di masyarakat.

"Satu harus nanti kita periksa sumur resapan ternyata tempat ini yang seharusnya memiliki sumur resapan tidak ada sumur resapannya. Itu sudah mendasar sekali," tuturnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)

Tak hanya itu, menurut Anies, limbah air yang dialirkan oleh Hotel tersebut akan menyumbang banjir yang sering terjadi di Ibu Kota Jakarta. Karena lanjut Anies, air tersebut tak masuk kedalam tanah.

"Ada air yang digunakan di hotel ini dialirkan keluar dan menyumbang pada banjir kalau sedang ada hujan yang deras. Karena apa? Karena bukan dimasukkan dalam tanah," tuturnya.

Kemudian instalasi pengelolaan air limbah di hotel itu juga banyak masalah. Pasalanya ditemukan ketentuan-ketentuan yang menyangkut prinsip-prinsip dasar pengelolaan limbah itu tidak dijalankan.

"Setelah itu yang menyangkut dengan sumur dalam. Disini ijinnya surat ijin pengambilan air SIPA itu terakhir tahun 2013 sudah tidak berlaku lagi. Sudah kardaluarsa. Dan peletakkan alat-alatnya, alat ukur dan lain-lain tidak sesuai dengan ketentuan," tutupnya. (Asp)

Baca juga berita terkait di: Tujuan Anies Baswedan Sidak Gedung Tinggi di Jakarta

#Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan